Direktur RSUD Embung Fatimah Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Pasien

Kabar Baik dari Batam

Direktur RSUD Embung Fatimah Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Pasien

2 min read

Direktur RSUD Embung Fatimah Ani Dewiyana (kanan) didampingi Wakil Direktur RSUD, drg Sri Widjayanti.

MANAJEMEN Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji berkomitmen untuk memaksimalkan pelayanan pasien Covid-19 dan juga pasien penyakit infeksi lainnya.

Khusus untuk Covid-19, penanganan dipusatkan di Gedung Tun Sendari Terpadu yang berada di belakang gedung rawat inap. Saat ini jumlah pasien Covid-19 yang ditangani sebanyak dua orang dengan status positif dan suspek.

Gedung ini terpisah dengan gedung layanan lainnya. Di dalamnya terdapat 26 tempat tidur yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk penanganan pasien Covid-19. Selain itu ada juga halaman untuk olahraga bagi pasien yang sedang dirawat.

Direktur RSUD Embung Fatimah Ani Dewiyana, menuturkan, secara umum layanan medis di RSUD ini tetap berjalan maksimal selama pandemi Covid-19 mewabah.

Layanan untuk penyakit infeksi lainnya seperti TBC dan lainnya juga tetap berjalan seperti biasa.

Untuk pasien infeksi yang bukan Covid-19 pelayanan dipusatkan di ruangan isolasi yang ada di gedung rawat inap. Ruangan isolasi ada enam unit yang dilengkapi dengan peralatan penunjang lainnya.

“Semuanya tetap berjalan maksimal,” ujar Ani saat menerima kunjungan tim Batam Pos di ruang lobi Gedung Manajemen, Senin (3/8/2020).

“Jadi, salah kalau orang berpandangan bahwa di RSUD ini seram karena tangani pasien Corona. Sebab, pasien Covid-19 ini layanannya terpisah dengan gedung lain. Kita tentu punya standard operational procedure (SOP) jadi tidak mungkin berbaur dengan pasien lainnya,” jelasnya.

Ditegaskan Ani bahwa layanan medis umum lainnya baik itu rawat inap, rawat jalan, dan IGD tetap berjalan normal selama pandemi.

“Petugas medis yang melayani pasien umum juga tidak sama dengan petugas medis untuk pasien Covid-19,” ujar Ani yang didampingi Wakil Direktur RSUD EF, drg Sri Widjayanti dan Humas RSUD EF, Novi.

Ani memastikan bahwa petugas medis RSUD EF tetap maksimal melayani masyarakat yang membutuhkan layanan medis apapun. Meskipun diakuinya, selama pandemi pendapatan RSUD EF turun sekitar 50 persen.

Menyambut ajakan tim Batam Pos untuk berpastisipasi di acara Funbike Batam Pos 22 Agustus mendatang, Ani mengaku tertarik.

Sebab, RSUD EF juga punya komunitas sepeda yang anggotanya lumayan banyak. “Banyak juga dokter yang sepedaan di sini. Nanti kami bicarakan dulu,” katanya. ***
______

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *