𝘔𝘦𝘯𝘨𝘦𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘢𝘬 𝘠𝘰𝘯𝘨, 𝘚𝘦𝘯𝘪 𝘛𝘦𝘢𝘵𝘦𝘳 𝘛𝘳𝘢𝘥𝘪𝘴𝘪𝘰𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘦𝘭𝘢𝘺𝘶 (2)

Kabar Baik dari Batam

𝘔𝘦𝘯𝘨𝘦𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘢𝘬 𝘠𝘰𝘯𝘨, 𝘚𝘦𝘯𝘪 𝘛𝘦𝘢𝘵𝘦𝘳 𝘛𝘳𝘢𝘥𝘪𝘴𝘪𝘰𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘦𝘭𝘢𝘺𝘶 (2)

2 min read

𝗣𝗲𝗻𝘁𝗮𝘀𝗸𝗮𝗻 𝗧𝗼𝗸𝗼𝗵 𝗣𝗿𝗶𝗮 𝗕𝗲𝗿𝘁𝗼𝗽𝗲𝗻𝗴, 𝗷𝘂𝗴𝗮 𝗗𝗶𝗸𝗲𝗻𝗮𝗹 𝗱𝗶 𝗞𝗲𝗹𝗮𝗻𝘁𝗮𝗻

MAK YONG adalah seni teater tradisional yang masih digemari sampai sekarang dan sering tampil dalam pertunjukkan kebudayaan. Seperti, Kenduri Seni Melayu (KSM) yang digelar rutin setiap tahunnya di Kota Batam.

Pimpinan Sanggar Seni Warisan Pantai Basri, Abdullah Basri mengatakan, teater khas Melayu ini mementaskan tokoh pria dengan memakai topeng yang disesuaikan dengan karakter yang dibawakannya.

“Mak Yong itu teater yang menceritakan kisah dongeng dan mempunyai daya tarik sendiri di hati para penggemarnya sehingga bisa lestari sampai sekarang,” kata Basri saat dikunjungi di kediamannya Pulau Panjang, Bulang.

Para pemeran Mak Yong terdiri dari Pak Yong (memerankan raja), Pak Yong Muda (memerankan pangeran), Putri Mak Yong (memerankan putri raja).

Selain itu, ada beberapa tokoh lain dalam ceritanya, seperti munculnya pelawak, dewa, jin, pegawai istana, dan binatang, dengan ciri khasnya memakai topeng.

Lalu, ada juga Pengasuh, yang merupakan orang kepercayaan raja, Wak Perangbon sebagai pengawal. Kemudian, ada Wak Perang Agun, Wak Perang Utan, Wak Perang Paya, Tok Mersi Mata Api, Tok Nojong.

Kuda Hijau Pelana Kuning sebagai kuda jelmaan, Kijang Beremas Tunduk Rencana, Harimau Besar Sirejang, Kilat Sijanda Wangi Beranak Mude dan Sarung Batak Sakti.

Tak hanya di Batam dan Bintan, seni Mak Yong ternyata juga ada di Malaysia, tepatnya di Kelantan. Selain itu, seni ini juga pernah dimainkan di Thailand, tepatnya di Kota Pattani, yang merupakan kota paling selatan di Thailand dan berbatasan dengan Malaysia.

Bedanya, Mak Yong di dua negara tersebut penarinya tanpa mengenakan topeng.

Dalam pementasannya, Mak Yong menyesuaikan dengan daerah masing-masing. Dalam pertunjukkannya, biasa mengandung cerita hiburan, memberi pesan dan sebagainya.

“Khusus Mak Yong di Batam, penampilan mereka mengusung konsep hiburan, lebih kocak sehingga membuat penonton senang dan tertawa,” ujar penerus dari Sanggar Seni Pantai Basri. ***

Bersambung……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.