𝘔𝘦𝘯𝘨𝘦𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘢𝘬 𝘠𝘰𝘯𝘨, 𝘚𝘦𝘯𝘪 𝘛𝘦𝘢𝘵𝘦𝘳 𝘛𝘳𝘢𝘥𝘪𝘴𝘪𝘰𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘦𝘭𝘢𝘺𝘶 (1)

Kabar Baik dari Batam

𝘔𝘦𝘯𝘨𝘦𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘢𝘬 𝘠𝘰𝘯𝘨, 𝘚𝘦𝘯𝘪 𝘛𝘦𝘢𝘵𝘦𝘳 𝘛𝘳𝘢𝘥𝘪𝘴𝘪𝘰𝘯𝘢𝘭 𝘔𝘦𝘭𝘢𝘺𝘶 (1)

1 min read

𝗦𝗮𝗿𝗮𝘁 𝗣𝗲𝘀𝗮𝗻 𝗠𝗼𝗿𝗮𝗹, 𝗗𝗶𝗯𝘂𝗮𝘁 𝗞𝗼𝗰𝗮𝗸 𝗔𝗴𝗮𝗿 𝗧𝗲𝘁𝗮𝗽 𝗗𝗶𝗴𝗲𝗺𝗮𝗿𝗶

MAK YONG adalah suatu seni teater tradisional yang begitu lekat di telinga orang-orang Melayu.

Dalam pertunjukannya, Mak Yong banyak menceritakan tentang kehidupan istana, lengkap dengan pesan moral yang hendak disampaikan.

Namun, tatkala harus berhadapan dengan modernisasi seni pertunjukan, Mak Yong kini bertransisi menjadi teater yang kocak agar tetap disukai.

Alunan musik tetawak, gendang, dan rebab terdengar mengalun, menandai dimulainya pementasan Mak Yong.

Kemudian para pemain pun memasuki panggung pertunjukan. Pementasan ini menyuguhkan iringan musik yang berpadu harmonis dengan lagu Melayu yang dibawakan oleh para pemainnya.

Salah satu pemain lengkap memakai baju berwarna kuning khas Melayu berikut aksesorinya. Sebutan untuk aksesori ini pun berbeda-beda.

Di kepala disebut senggeng, di leher disebut teratai dan yang dikenakan dipinggang berjuntai disebut cabok.

Kemudian pemain ini membawakan tiga lagu sambil menari dengan memakai cangai yang merupakan kuku palsu panjang terbuat dari bahan berkilat seperti emas.

Selanjutnya Ia membawakan Tari Jogi. Di Batam, Tari Jogi sangat identik dengan pementasan Mak Yong, karena tarian ini dilakukan sebelum pertunjukan Mak Yong.

Peralatan yang diperlukan dalam pertunjukan tari tersebut adalah rotan berai, parang, keris, kapak, panah, dan tongkat kayu.

Setelah pertunjukan tari selesai, giliran atraksi Mak Yong mengambil posisi. Para pemain memakai busana sesuai peran yang dibawakannya. Bahasa Melayu sangat melekat pada setiap pertunjukkannya. ***

Bersambung
Foto: Topeng Mak Yong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.