Marlin Beri Contoh Inovasi dan Kreativitas Agar Bisnis Bisa Survive di Era Covid-19

Kabar Baik dari Batam

Marlin Beri Contoh Inovasi dan Kreativitas Agar Bisnis Bisa Survive di Era Covid-19

2 min read

PANDEMI corona virus disease (Covid-19) memberikan dampak pada semua kelompok masyarakat, termasuk para pengusaha. Untuk itu, buatlah hal baru. Gali kreativitas agar bisa bertahan.

Demikian pesan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam Hj Marlin Agustina, saat bersilaturahmi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Batam di Sekretariat IWAPI Batam, Bengkong, Rabu (5/8/2020).

Kepada para pengusaha perempuan, Marlin berpesan untuk sabar menghadapi kondisi yang sedang tak baik ini. Selain itu ia juga menyarankan pelaku usaha untuk berinovasi.

“Kita harus bersabar. Gencarkan promosi online. Buat hal baru, kreativitas baru yang bisa menambah gairah kita untuk meningkatkan usaha atau setidaknya mempertahankan usaha kita di masa pandemi ini,” tutur Marlin.

Marlin bercerita, sebelum terjun ke dunia politik, suaminya Muhammad Rudi merupakan pengusaha. Marlin pun sedikit banyak turut andil dalam usaha keluarga tersebut. Dan dari pengalamannya itu, kini ia bisa mendorong wanita lain untuk ikut membangkitkan ekonomi keluarga masing-masing.

Satu contoh di antaranya yaitu pembaca doa di silaturahmi siang itu. Anggota IWAPI tersebut merupakan desainer batik binaan Dekranasda Kota Batam.

Sebagai Ketua Dekranasda Batam, Marlin banyak memberikan motivasi pengrajin untuk tumbuh kembangkan usaha.

“Tiga pilar indeks pembangunan manusia (IPM) itu adalah pendidikan, kesehatan, dan penghidupan yang layak dalam hal ini terkait pendapatan. Apabila tiga ini betul-betul dikuasai, akan sejahtera semua. Kalau salah satu turun, pasti akan ada ketimpangan. Jadi supaya IPM kita meningkat, perlu tingkatkan pendapatan keluarga. Dan di sini perempuan pun bisa berperan,” ujarnya.

Ia menyampaikan, perekonomian Kepri dan Batam juga terdampak covid-19. Pertumbuhan ekonomi daerah yang ditopang industri dan pariwisata ini merosot akibat pandemi. Oleh karena itu perlu peran semua pihak untuk mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi.

“Perlu usaha kita bersama, bagaimana setidaknya membantu pertumbuhan ekonomi Kepri ini. Khususnya di masa pandemi seperti sekarang,” pesan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam tersebut.

Penasihat IWAPI Batam, Gusnawati berterima kasih atas kehadiran Marlin di acara silaturahmi. Motivasi dari Marlin dibutuhkan untuk para pengusaha khususnya perempuan agar dapat bertahan di kondisi sekarang.

“Bu Marlin ini termasuk bagian dari IWAPI. Beliau juga pengusaha. Karena itu beliau intens sekali dengan para pengusaha ini. Kami mengapresiasi beliau yang setia mendampingi organisasi wanita se-Kota Batam, bahkan sejak Pak Rudi menjadi Wakil Walikota,” ujarnya. ***
________
Sumber: Media Center Pemko Batam
Foto: Hj Marlin Agustina (tengah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.