Gotong Royong di Batuaji, Tak Hanya Kerja Bakti, Marlin juga Kerja Peduli

Kabar Baik dari Batam

Gotong Royong di Batuaji, Tak Hanya Kerja Bakti, Marlin juga Kerja Peduli

2 min read
HJ MARLIN Agustina gotong royong bersama warga Tembesibengkel, Kecamatan Batuaji, Minggu (9/8/2020) pukul 09.00 WIB.

Tak hanya bergotong royong dalam bentuk kerja bakti, Marlin juga memperhatikan kondisi warga sekitar, terutama bagaimana memberdayakan masyarakat setempat.

“Inilah yang saya sebut gotong royong dalam arti luas. Kita harus bersama memajukan masyarakat,” jelasnya dalam sambutannya.

Marlin yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Batam ini membeberkan fakta sudah berapa banyak keluarga-keluarga yang kini berdaya secara finansial setelah dia fasilitasi melalui kerajinan tangan berupa batik Batam dan tenun.

“Seperti di Pulau Ngenang, Nongsa, saya membangun ekowisata. Alhamdulillah sekarang di sana sudah ada rumah tenun songket, central batik, dan sudah bekerja sama dengan travel dan perbankan sebagai pengembangannya,” beber Marlin.

Sekadar diketahui, ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Marlin menjelaskan, keberhasilan programnya di Ngenang tersebut juga akan segera diterapkan di Tembesibengkel ini.

“Nanti tak menutup kemungkinan ibu-ibu di sini saya ajarkan juga pelatihan batik atau tenun seperti di Ngenang,” ujarnya didampingi Camat Batuaji Ridwan.

Namun, karena saat ini Covid-19 belum reda, maka Marlin belum bisa melakukan pelatihan dulu guna mengurangi risiko penularan.

“Untuk itu mari kita semua konsisten terapkan protokol kesehatan dengan rajin pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan,” pungkasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Tembesibengkel mengucap syukur bisa bertemu dengan Marlin.

“Alhamdulilah, akhirnya dapat bertemu dengan ibu di acara gotong royong ini, dan
wilayah kami ini sudah masuk dalam konservasi wisata. Semoga dengan kunjungan ibu ini bisa lebih maju lagi,” harapnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.