Pesan Bunda PAUD: Menjadi Ibu itu Sama Halnya Menjadi Seorang Guru

Kabar Baik dari Batam

Pesan Bunda PAUD: Menjadi Ibu itu Sama Halnya Menjadi Seorang Guru

2 min read

BUNDA PAUD Kota Batam Hj Marlin Agustina saat membagikan seragam gratis bagi peserta didik baru tingkat SDN 008 di Kecamatan Sekupang, Rabu (12/8/2020) pukul 09.00 WIB.

BANYAK yang menganggap enteng peran seorang ibu. Padahal, ibu adalah guru bagi anak-anaknya, jauh sejak masih di alam rahim. Semua itu membutuhkan ilmu.

Inilah yang kembali diingatkan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlin Agustina saat membagikan seragam gratis bagi peserta didik baru tingkat SDN 008 di Kecamatan Sekupang, Rabu (12/8/2020) pukul 09.00 WIB.

“Jadilah ibu yang mampu meningkatkan kualitas wawasan,” jelasnya dalam acara yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan tersebut.

Layaknya seorang guru, jelas Marlin, ibu memiliki peran penting. Sejak dini, tanpa lelah, sudah membimbing dan mendidik anak-anaknya tentang iman, moral, fisik dan jasmani, intelektual, psikologis, dan juga sosial.

Anak adalah peniru ulung, proses identifikasi sudah dilakukan di rentang usia 3–5 tahun. Yang pertama mereka tiru adalah orang tuanya, khususnya ibu. Hasilnya akan diterapkan dalam kehidupannya.

Karena itu, cerdas tidaknya anak, bukan hanya didapat dari lembaga pendidikan, namun dominan dibentuk oleh ibu atau orang tuanya.

“Itulah mengapa saya sebut beratnya tugas seorang ibu. Belum lagi dia harus mengatur roda rumah tangga. Tapi dengan ilmu akan membuat semua jadi mudah,” ulasnya.

Melanjutkan pesan Walikota Batam H Muhammad Rudi, Marlin sedikit menyampaikan bahwa sistem belajar dan mengajar saat ini masih dilakukan secara online, hal itu mengingat Kota Batam saat ini masih zona merah.

Sehingga belajar tatap muka belum bisa dilakukan sebagaimana arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

โ€œKalau zona merah belum bisa sekolah buka, minimal harus zona kuning. Karena itu mari kita sama-sama jaga diri agar jumlah kasus Covid-19 tidak terus bertambah, sehingga sekolah bisa segera buka,โ€ jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan mengatakan, pemberian seragram gratis untuk peserta didik baru tingkat SD dan SMP merupakan kebijakan Pemko Batam atas intruksi Walikota Batam H Muhammad Rudi yang kemudian dibantu CSR Bank Riau Kepri.

Walikota memang sengaja meminta bantuan Bank Riau Kepri untuk mengurangi beban masyarakat di tengah Covid-19. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.