Kabar Baik dari Batam

𝘈𝘮𝘴𝘢𝘬𝘢𝘳 𝘈𝘤𝘩𝘮𝘢𝘥 𝘥𝘢𝘯 𝘙𝘦𝘭𝘦𝘷𝘢𝘯𝘴𝘪 𝘗𝘳𝘢𝘮𝘶𝘬𝘢 𝘔𝘪𝘭𝘦𝘯𝘪𝘢𝘭 (2-𝘏𝘢𝘣𝘪𝘴)

2 min read

Bersama Jefridin, Tak Absen Bantu Kemanusiaan, Masifkan Gerakan hingga Akar

KETUA Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam H Amsakar Achmad menjelaskan, sudah menjadi tugas Kwarcab Batam agar Pramuka tidak hanya formalitas dan seragamnya dipakai pada hari tertentu.

Dirinya bersama Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka yang juga Sekda Kota Batam H Jefridin Hamid terus memasifkan gerakan tersebut di Batam, hal ini juga mendapat perhatian langsung dari Walikota Batam H Muhammad Rudi.

“Tingkat ranting itu sudah terbentuk 12 kecamatan di Batam. Gugus tugas juga sudah terbentuk. Bahkan instansi-instansi juga telah membentuk satuan karya atau saka,” katanya.

Bahkan, sekolah-sekolah Batam dari tingkat SD SMP maupun SMA sederajat wajib punya gugus depan dan menjadikan pramuka kegiatan ekstrakurikuler.

Ia melanjutkan, di era pandemi Covid-19 ini kehadiran dirasakan oleh pemerintah maupun masyarakat. Amsakar mencontohkan, kehadiran pramuka membantu Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat.

Kemudian, rela turun langsung menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan.

“Tidak hanya itu, Pramuka Batam juga dalam kegiatan penghijauan yakni penanaman seribu ketapang kencana beberapa waktu lalu. Gotong royong menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Pramuka tingkat Asia Tenggara, bahkan ikut gotong royong membersihkan lingkungan dan masih banyak lagi, ” ungkap dia.

Amsakar menyebutkan, nilai-nilai dari Gerakan Pramuka ikut mewarnai dirinya dalam hal memimpin, salah satunya rasa kebersamaan yang ditanamkan dalam setiap anggota pramuka.

“Ke atas harus berpucuk, ke bawah harus mengakar. Kalau pohon itu rimbun, tempat orang berteduh. Kalau dahannya kokoh tempat orang bergantung. Kalau batangnya bagus, tempat orang bersandar. Dan ini di antaranya kita dapatkan dari Pramuka,” ucap dia. ***
________
Foto: dokumentasi 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.