𝘈𝘮𝘴𝘢𝘬𝘢𝘳 𝘈𝘤𝘩𝘮𝘢𝘥 𝘥𝘢𝘯 𝘙𝘦𝘭𝘦𝘷𝘢𝘯𝘴𝘪 𝘗𝘳𝘢𝘮𝘶𝘬𝘢 𝘔𝘪𝘭𝘦𝘯𝘪𝘢𝘭 (1)

Kabar Baik dari Batam

𝘈𝘮𝘴𝘢𝘬𝘢𝘳 𝘈𝘤𝘩𝘮𝘢𝘥 𝘥𝘢𝘯 𝘙𝘦𝘭𝘦𝘷𝘢𝘯𝘴𝘪 𝘗𝘳𝘢𝘮𝘶𝘬𝘢 𝘔𝘪𝘭𝘦𝘯𝘪𝘢𝘭 (1)

1 min read

Tak Hanya Main & Camping, juga Garda Utama saat Humanisme Terkikis

KETUA Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam H Amsakar Achmad menilai Gerakan Pramuka tidak
akan lekang oleh zaman. Sebab, substansi gerakan ini yakni membentuk karakter mulia dan selalu dibutuhkan seiring perkembangan zaman.

Menurut Wakil Wali Kota Batam ini, Gerakan Pramuka baik secara umum atau khususnya di Batam, terus hadir memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara maupun bagi anggota pramuka itu sendiri.

“Kalau pertanyaannya masih relevankah Pramuka sekarang?, saya katakan masih sangat relevan. Karena nilai-nilai yang ada dalam Pramuka sangat dibutuhkan,” papar Amsakar pada Tribun Batam Podcast yang mengangkat tema ‘Pramuka Semangat Pantang Putus Asa’, Jumat (14/8/2020) sore.

Nilai-nilai tersebut adalah, humanisme, kebersamaan, spirit kegotongroyongan yang kini mulai menipis, maka Pramuka menjadi harapan pemagarnya atau penjaga gawangnya.

Ia menampik, kesan yang berkembang Gerakan Pramuka hanya sekadar bermain, berkemah ria dan lain-lain. Menurut dia, melalui kegiatan-kegiatan yang dianggap sederhana tersebut sejumlah nilai ditanamkan dalam diri anggota pramuka.

“Kedisiplinan, tanggung jawab, gotong royong terbentuk salah satunya terbentuk dari kegiatan-kegiatan ini,” ucapnya.

Untuk itu, bagi anggota pramuka yang aktif akan memiliki sejumlah nilai tersebut. Tidak heran, lanjut Amsakar, senior-senior pramuka tetap merasa terpanggil dan ikut berkecimpung dalam kegiatan pramuka.

“Nilai-nilai ini yang ditanamkan dalam pramuka dan tidak gampang membangun karakter yang seperti itu,” ucapnya. ***
(Bersambung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *