Komunikatif, Marlin Sebut Seorang Ibu sebagai Manajer Rumah Tangga

Kabar Baik dari Batam

Komunikatif, Marlin Sebut Seorang Ibu sebagai Manajer Rumah Tangga

3 min read

KETUA Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam Hj Marlin Agustina saat Pembinaan Akhlak Mulia, di Masjid Al- Hikmah, Baloi Kesehatan, Kelurahan Baloi Indah, Kecamatan Lubukbaja, pukul 13.00 WIB.

DALAM setiap pertemuan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam Hj Marlin Agustina, selalu menyemangati kaum perempuan dengan menyelipkan metafora atau perumpamaan nan sederhana.

Seperti yang dia sampaikan saat memberi sambutan dalam Pembinaan Akhlak Mulia, di Masjid Al- Hikmah, Baloi Kesehatan, Kelurahan Baloi Indah, Kecamatan Lubukbaja, pukul 13.00 WIB.

Di acara yang bertajuk: Muliakan wanita Sebagai Tiang Negara dalam menyiapkan Generasi Saleh dan Salehah ini, Marlin kembali “mencubit” kaumnya agar memahami betapa spesialnya Tuhan menciptakan mereka.

Namun dengan kemasan pesan yang komunikatif, “cubitan” tersebut tak membuat sakit. Malah, sanggup menggugah. Sehingga ustad Muhammad Rusdi, yang saat itu tampil sebagai penceramah ikut mendengar dengan takzim.

“Perempuan ini diciptakan multi-tasking. Saya di rumah juga bisa memiliki peran (role) beragam. Bisa sebagai istri, ibu, bahkan teman bagi anak-anak saya,” ujarnya.

Selain peran tersebut, lanjut Marlin, kaum ibu juga bisa memiliki peran lain yakni sebagai manajer dalam tata laksana rumah tangga.

Kecakapan ini tentu penting, apalagi di saat guncangan resesi akibat Covid 19 ini. seorang ibu harus benar-benar bijak dan pandai dalam mengatur kebutuhan rumah tangga.

Atau, bisa mencari sumber lain dengan ikut membantu suami menambah penghasilan keluarga. Itulah yang disebut Marlin sebagai “manajer” tadi.

***

Bicara tentang “manajer” yang disebut Marlin tadi, belum lama ini ada artikel yang mengupas 6 posisi manajer yang bisa dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga.

𝟭. 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗷𝗲𝗿 𝗣𝗲𝗿𝘀𝗼𝗻𝗮𝗹𝗶𝗮
Dalam divisi ini, seorang IRT bertugas menangani setiap masalah yang berhubungan dengan kepribadian anggota keluarga.

Mengenal dan memahami karakter suami dan anak-anak membutuhkan ilmu dan kematangan sikap dalam menghadapinya agar tidak menjadi konflik. Jika dalam divisi ini seorang ibu mampu menjalankan perannya dengan baik, maka hubungan interpersonal akan tumbuh menjadi keharmonisan dalam rumah tangga.

𝟮. 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗷𝗲𝗿 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻
Ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi buah hatinya.

Mendidik anak-anak dengan penuh kesabaran dan tanggung jawab agar kelak mereka dapat tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya. Dalam divisi ini seorang ibu juga harus terus belajar dan menambah wawasan, tentunya bersama suami, agar pendidikan yang diterapkan dapat sesuai dengan perkembangan zaman.

𝟯. 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗷𝗲𝗿 𝗞𝗲𝘂𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻
Bagaimana mengatur alur kas keuangan dalam sebuah rumah tangga agar pasak tidak lebih besar daripada tiang? Di sinilah peranan seorang manajer keuangannya yakni sang ibu.

Seorang IRT mesti bijak mengelola berapapun uang yang diberikan oleh suami. Ia harus memiliki pencatatan yang baik dan terarah.

𝟰. 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗷𝗲𝗿 𝗣𝗿𝗼𝗽𝗲𝗿𝘁𝗶
Tugas ibu merawat dan memperhatikan kondisi barang-barang yang ada dalam rumah, sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Meskipun setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang sama dalam merawatnya, namun manajer properti lah yang harus senantiasa mengecek dan memastikan kondisi setiap barang tetap baik dan terawat.

𝟱. 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗷𝗲𝗿 𝗦𝘂𝗺𝗯𝗲𝗿 𝗗𝗮𝘆𝗮 𝗠𝗮𝗻𝘂𝘀𝗶𝗮 (𝗦𝗗𝗠)
Dalam divisi SDM, seorang ibu punya andil dalam pengembangan potensi setiap anggota keluarga, terutama anak-anaknya.

Ibu yang bijak akan mengarahkannya sesuai bakat dan kecenderungan masing-masing. Begitu pun untuk dirinya sendiri. Seorang IRT juga harus mengasah keterampilannya dalam tugas-tugasnya di rumah, misalnya dalam memilih sajian makanan yang sehat bagi seluruh anggota keluarga.

𝟲. 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗷𝗲𝗿 𝗨𝗿𝘂𝘀𝗮𝗻 𝗗𝗼𝗺𝗲𝘀𝘁𝗶𝗸
Ibu yang cerdas adalah yang mampu mengatur rumah dan seisinya agar selalu bersih, rapi, dan sehat. Mulai dari urusan cuci mencuci, kebersihan, tata boga, tata busana, kesehatan, hingga merawat kecantikan dirinya sendiri.

Jika ia mampu mengatur kesemua urusan domestik tersebut, betapa indahnya kondisi rumah tangganya. ***
________
Dilengkapi Sumber: Bernas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.