Marlin Kagumi Benda Pusaka Peninggalan Temenggung Abdul Jamal

Kabar Baik dari Batam

Marlin Kagumi Benda Pusaka Peninggalan Temenggung Abdul Jamal

2 min read

HJ MARLIN Agustina melihat benda pusaka Temenggung Abdul Jamal di Bulang Lintang, Kecamatan Bulang, Selasa (25/8/2020).

“DI MANA bumi dipijak, di situ langit dijunjung.” Pepatah ini bisa juga diartikan agar manusia harus paham tentang sejarah dimana ia pernah berpijak dan menjejak.

Ketua TP PKK Kota Batam Hj Marlin Agustina kembali menapak-tilasi perjalanan hidup Temenggung Abdul Jamal di Bulang Lintang, dengan berziarah ke pusaranya, usai membuka Pembinaan Akhlak Mulia, di Kecamatan Bulang, Selasa (25/8/2020).

Usai ziarah di makam bendahara Kerajaan Riau-Lingga-Johor ini, Marlin mampir ke museum mini Bulang Lintang.

Di museum yang merupakan rumah zuriat Temenggung Abdul Jamal itu, ia bertanya seputar benda-benda bersejarah peninggalan leluhur.

“Apa ini Pak? Oooo ini rotan satu ruas itu, selama ini dengar nama saja. Mahal ini orang cari. Ini kerisnya mantap, berat, kokoh. Nah ini keris juga, tapi yang ini ringan. Tombak ini sepertinya sudah berapa ratus tahun kali ya. Masih bagus. Luar biasa orang-orang tua zaman dulu ini,” ujar Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam ini.

Benda lain yang menarik perhatiannya adalah sebuah lempengan logam berbentuk bulat besar. Marlin mengaku dulu pernah melihat benda serupa di rumah kakek neneknya.

“Atok (kakek) saya dulu juga ada ini loh. Tapi sekarang tak tahu lagi di mana. Barang-barang ini dijagalah ya Pak. Ini kan sejarah. Sejarah itu tak ada dulu tak ada sekarang. Harus dilestarikan,” pesan Marlin.

Bulang Lintang merupakan nama sebuah pulau di Kota Batam. Menjadi satu kelurahan yang masuk dalam administratif Kecamatan Bulang. Pulau ini dapat diakses dengan menyeberang menggunakan kapal melalui pelabuhan rakyat di Sagulung.

Awal tahun 2020 ini Walikota Batam H Muhammad Rudi juga sempat mengunjungi makam Temenggung Abdul Djamal. Pemerintah Kota Batam berencana memugar komplek makam tersebut atas permintaan warga.

Pemugaran akan dilakukan dengan melibatkan Tim Cagar Budaya Provinsi Kepulauan Riau agar menjadi lebih layak namun tidak mengubah situs. ***

HJ MARLIN Agustina berziarah ke makam Temenggung Abdul Jamal di Bulang Lintang, Kecamatan Bulang, Selasa (25/8/2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.