Rasa Sayang Dorong Marlin Bernyanyi Bersama Anak-anak Bulang Kebam

Kabar Baik dari Batam

Rasa Sayang Dorong Marlin Bernyanyi Bersama Anak-anak Bulang Kebam

2 min read

โ€œ๐ด๐‘›๐‘Ž๐‘˜ ๐‘ข๐‘ ๐‘–๐‘Ž ๐‘‘๐‘–๐‘›๐‘– ๐‘ ๐‘’-๐พ๐‘œ๐‘ก๐‘Ž ๐ต๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘š ๐‘–๐‘›๐‘– ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Žโ„Ž ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘˜ ๐‘ ๐‘Ž๐‘ฆ๐‘Ž. ๐‘†๐‘’๐‘๐‘Ž๐‘”๐‘Ž๐‘– ๐ต๐‘ข๐‘›๐‘‘๐‘Ž ๐‘ƒ๐ด๐‘ˆ๐ท ๐‘ ๐‘Ž๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘๐‘ข๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘๐‘Ÿ๐‘œ๐‘”๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘š ๐‘‘๐‘– ๐‘Ž๐‘›๐‘ก๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘˜๐‘ข๐‘›๐‘—๐‘ข๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘’๐‘Ÿ๐‘—๐‘Ž ๐‘˜๐‘’ ๐‘๐‘œ๐‘ -๐‘๐‘œ๐‘  ๐‘ƒ๐ด๐‘ˆ๐ท, ๐‘‡๐พ, ๐‘˜๐‘’๐‘™๐‘œ๐‘š๐‘๐‘œ๐‘˜ ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘š๐‘Ž๐‘–๐‘› ๐‘‘๐‘– ๐ต๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘š. ๐ท๐‘Ž๐‘› โ„Ž๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘– ๐‘–๐‘›๐‘– ๐‘ ๐‘Ž๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘˜๐‘ข๐‘›๐‘—๐‘ข๐‘›๐‘” ๐‘‘๐‘– ๐ต๐‘ข๐‘™๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐พ๐‘’๐‘๐‘Ž๐‘š ๐‘ข๐‘›๐‘ก๐‘ข๐‘˜ ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘ก๐‘’๐‘š๐‘ข ๐‘‘๐‘’๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘˜-๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘˜ ๐‘ ๐‘Ž๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘‘๐‘– ๐‘ ๐‘–๐‘›๐‘–…โ€

SEBAGAI Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlinย Agustina tak hanya memperhatikan anak-anak di pulau utama (mainland). Anak-anak di pulau penyangga atau hinterland pun tetap mendapat perhatiannya.

Seperti yang terlihat di Pulau Bulang Kebam, Kelurahan Bulang Lintang, Kecamatan Bulang, Selasa (25/8/2020).

Marlin hadir di tengah anak-anak PAUD Bulang Kebam. Meskipun di pulau tersebut hanya terdapat 10 anak PAUD. Sebanyak 5 orang belajar dan bermain di taman kanak-kanak (TK). Dan 5 anak lainnya di kelompok bermain (play group).

โ€œAnak usia dini se-Kota Batam ini adalah anak saya. Sebagai Bunda PAUD saya punya program di antaranya kunjungan kerja ke pos-pos PAUD, TK, kelompok bermain di Batam. Dan hari ini saya berkunjung di Bulang Kebam untuk bertemu dengan anak-anak saya di sini,โ€ tutur Marlin.

Pertemuan Marlin dengan anak-anak usia dini ini berlangsung di TK-SDN Satu Atap 004 Bulang. Pada kesempatan tersebut, istri Wali Kota Batam, Muhammad Rudi ini pun tampak bahagia bermain dengan anak-anak.

Ia bernyanyi bersama putra-putri Bulang tersebut. Interaksi pun terjadi di antara Marlin dan anak-anak ini. Satu per satu, Marlin tanyakan cita-citanya. Kemudian ia pun tak lupa memberikan bingkisan untuk mereka. Isinya antara lain buku bacaan dan susu.

โ€œBermain dengan anak-anak ini menyenangkan Bapak Ibu. Bisa buat kita bahagia, tertawa. Maka sering-seringlah Bapak Ibu bermain dengan anak,โ€ pesannya.

Marlin menjelaskan, tugasnya sebagai Bunda PAUD antara lain mendidik dan melihat perkembangan anak usia dini di Kota Batam. Namun tidak dengan menanganinya secara langsung sehari-hari. Melainkan melalui tenaga pendidik atau guru yang ada di PAUD masing-masing.

โ€œKami mengadakan program peningkatan kualitas pendidik. Karena anak usia dini ini betul-betul perlu pendampingan. Beda dengan anak SD atau SMP. Di TK ini anak bukan diajar untuk membaca, tapi untuk bersosialisasi, membentuk karakter anak. Jadi tak boleh kita marah-marah atau memaksa, karena ini dunia anak, dunia bermain,โ€ ujarnya.

Di masa pandemi corona virus disease (covid-19) ini, sambung Marlin, anak-anak belajar di rumah. Maka sekarang yang jadi guru adalah ibunya. Maka seorang ibu juga harus meningkatkan kualitas wawasan pengetahuan untuk modal mengajar anak di rumah.

โ€œJaga baik-baik anak ini. Luangkan waktu siang atau malam, dua jam, untuk anak-anak ini, membacakan buku, bercerita, atau mendengarkan cerita anak. Agar tumbuh kedekatan emosional kita dengan anak kita,โ€ kata Marlin.

Kepala TK-SDN Satu Atap 004 Bulang, Sigro Prayitno mengatakan di komplek tersebut terdapat tiga lembaga yaitu TK, SDN 004 Bulang, dan SMPN 46 Kota Batam.

โ€œYang awal berdiri adalah SDN 004, sekarang siswanya sebanyak 141 orang dengan 12 guru. Menyusul TK satu atap, yang tahun ini jumlah siswanya 10 anak, terdiri dari 5 anak TK dan 5 anak kelompok bermain, dengan tiga guru atau tenaga pendidik. Selanjutnya SMPN 46 saat ini terdapat 68 siswa dengan 9 guru,โ€ paparnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.