Dampak Covid-19 Tak Kalah Dahsyat dengan Bencana Alam, Marlin Ajak Semua Bangkit

Kabar Baik dari Batam

Dampak Covid-19 Tak Kalah Dahsyat dengan Bencana Alam, Marlin Ajak Semua Bangkit

2 min read

BUNDA PAUD Kota Batam Hj Marlin Agustina, penyerahan secara simbolis seragam sekolah gratis untuk murid SD dan SMP Negeri Kecamatan Bulang, Selasa (1/9/2020), pukul 10.00 WIB di Vihara Kecamatan Bulang.

BENCANA ada beberapa kategori, di antaranya bencana alam, non alam dan sosial. Virus corona (Covid-19) ini masuk dalam kategori nonalam karena berupa wabah. Tapi dampaknya tak kalah hebat.

“Ibu-ibu sekalian mungkin telah mendengar bagaimana luar biasanya Covid-19 berdampak pasa ekonomi kita dan menghadirkan sejumlah tantangan yang harus kita hadapi dan sikapi bersama-sama. Termasuk masalah sosial,” ujar Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam Hj Marlin Agustina.

Marlin memberi sambutan di acara penyerahan secara simbolis seragam sekolah gratis untuk murid SD dan SMP Negeri Kecamatan Bulang, Selasa (1/9/2020), pukul 10.00 WIB di Vihara Kecamatan Bulang.

Yang disampaikan Marlin ini Berdasarkan UU No.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Pada Pasal 1 Ayat 3 menjelaskan tentang bencana nonalam, yakni bencana yang diakibatkan peristiwa atau rangkaian peristiwa berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi dan wabah penyakit.

Dan layaknya bencana, dampak sosial yang dirasakan masyarakat akibat Covid-19 juga tak kalah dahsyat.

Pemerintah Kota Batam pun melakukan respon berupa tanggap darurat dengan berbagai tindakan penanggulangan.

“Karena itu, mari bersama kita lawan Covid-19 ini dengan mematuhi protokol kesehatan. Selalu bermasker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” pesannya.

Teruntuk kaum Ibu, Marlin memahami kondisi saat pandemi ini cukup berat dirasakan.

Selain harus bijak mengatur anggaran rumah tangga yang terdampak Covid-19, juga disibukkan dengan mengurus tugas belajar anak-anak di rumah.

Karena ibu sudah merangkap guru, maka dari itu wawasan juga harus di-upgrade.a Sehingga mudah nyambung dengan apa yang ditanyakan oleh sang anak. Bahkan bisa memberikan an-nur putih yang bagus.

“Hanya sabar yang bisa saya sarankan. Jangan terus marahi anak. Kasihan mereka juga sudah banyak beban,” pintanya.

Marlin juga meminta agar kaum ibu selalu menjaga kesehatan di kala pandemi ini. “Rajin-rajinlah cek kesehatan ke Puskesmas. Minimal tensi daeah,” ingatnya.

Terkait pembagian seragam gratis ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan pernah menjelaskan bahwa, Pemerintah Kota (Pemko) Batam, menyalurkan sebanyak 26.037 seragam bagi siswa baru SD dan SMP se-Kota Batam.

Penyaluran untuk SD sebanyak 12.467 seragam. Sedangkan untuk peserta didik SMP sebanyak 13.570 seragam.

Ide bantuan seragam ini tercetus dari Walikota Batam H Muhammad Rudi yang prihatin dengan kondisi masyarakat, khususnya wali murid di tengah pandemi Covid-19.

Pengadaan seragam gratis itu menggunakan dana tanggung jawab sosial Bank Riau Kepri. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.