Hadiri Syukuran Hasil Kebun Sambil Gowes, Jefridin Ungkap Potensi Agrowisata di Batam

Kabar Baik dari Batam

Hadiri Syukuran Hasil Kebun Sambil Gowes, Jefridin Ungkap Potensi Agrowisata di Batam

2 min read

SEKDA Jefridin melihat aneka buah hasil panen Kelompok Tani Sumber Rezeki dan Kelompok Tani Tunas Mekar di Kampung Sanggam Seligi, Taman Yose Kebun, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Sabtu (5/9/2020) pagi.

BERBAGAI konsep wisata sudah banyak dikembangkan di Batam. Mulai dari Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), wisata sejarah, wisata bahari, dan wisata budaya.

Kini ada inovasi terbaru untuk mengembangkan objek wisata, yakni dalam bentuk agrowisata atau wisata pertanian.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, saat mewakili Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) menghadiri Syukuran Hasil Kebun 2020, Sabtu (5/9/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Acara ini ditaja Kelompok Tani Sumber Rezeki dan Kelompok Tani Tunas Mekar di Kampung Sanggam Seligi, Taman Yose Kebun, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa.

“Konsep ini sangat menarik sebagai varian baru wisata kita. Sebab selain kita dipersilakan memanen langsung aneka buah, juga diselingi acara makan ala petani bazar sayuran dan buah-buahan segar,” ujar Jefridin.

Menariknya, Jefridin datang ke acara ini sambil gowes bersama tim sepeda Setdako (Sekretariat Daerah Kota) Batam dengan start dari Gedung Pemko Batam di Engku Putri. Padahal hari sedang hujan lebat.

“Goweser sejati walau badai menghadang tetap jalan,” tekadnya kepada tim.

Kembali soal gagasannya tentang agrowisata, menurut Jefridin hal itu muncul setelah melihat beberapa kawasan di Batam hampir setiap tahun menggelar pesta panen. Misal di Tembesibengkel Kebun, Kecamatan Batuaji dan di Kelurahan Sambau ini.

“Ini tentu menarik bagi wisatawan Nusantara dan mancanegara. Wisata alam kini jadi alternatif tempat liburan. Back to nature, istilahnya,” jelas Jefridin yang didampingi istri, Hj Hariyanti ini.

Seperti yang disebut di atas, wisatawan bisa disuguhkan rangkaian keindahan alam yang dipadukan dengan kegiatan pertanian.

“Selain itu masyarakat juga bisa menambah wawasan tentang proses bertani dan berternak langsung dari pelakunya,” jelas Jefridin.

Dalam kegiatan ini, Jefridin didaulat oleh Ketua Kelompok Tani Sumber Rezeki Ruhyadi, dan Ketua Kelompok Tani Tunas Mekar Miswanto untuk memanen pisang dan menanam bibit mangga.”Bila dikemas dengan baik, aktivitas ini tentu sangat menarik bagi wisatawan,” tuturnya. ***

SEKDA Jefridin gowes di tengah hujan lebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *