Embun Pagi HMR

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi HMR

1 min read

DULU pada tahun 1990-an kita sering melihat promosi sebuah produk di televisi dengan melakukan teknik menjelek-jelekkan produk pesaing.

Biasanya promosi semacam ini selalu dilakukan oleh produk yang kurang dapat respon pasar. Sehingga mereka melakukan cross selling.

Berhasilkah?

Waktu membuktikan, produk tersebut saat ini hilang. Sebab konsumen sudah paham, berdasarkan survey, bila seorang marketing menjelekkan produk pesaing, kemungkinan besar produk yang ditawarkannya tersebut tidaklah lebih baik atau tak laku.

Untuk itu, berusahalah menjual produk dengan menjelaskan keunggulan atau kelebihan produk yang kita jual dengan apa adanya, tanpa menyinggung atau menjelekkan produk pesaing.

Contoh yang bagus, tirulah bagaimana teknik pemasaran Coca-Cola dengan Pepsi-Cola. Meski keduanya “berperang” sampai ke luar angkasa, namun yang dijual dan dipromosikan kepada konsumennya adalah inovasi rasa dan kemasan.

Fokus pada konsumen bukan pada produk pesaing. Apalagi menjelekkannya.

“Jika Anda adalah seorang yang fokus pada pesaing, Anda harus menunggu sampai waktu di mana pesaing Anda melakukan sesuatu. Tapi jadi orang yang fokus pada konsumen, maka Anda akan menjadi pionir,” kata bisnisman dunia, Jeff Bezos. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.