Embun Pagi HMR

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi HMR

1 min read

SECARA fisik, umur manusia saat ini tak lama, paling panjang hanya 120 tahun. Itu pun sudah lemah. Namun, ada yang bisa lebih panjang dari itu. Bahkan bisa bertahan dan dikenang ribuan tahun. Ia adalah โ€œnama.โ€

Siapa yang tak kenal Firaun dan Qarun. Mereka adalah orang orang yang hidup ribuan tahun yang lalu, tapi namanya masih dikenang hingga saat ini sebagai orang jahat. Saking buruknya sampai-sampai orang akan marah bila namanya disandingkan dengan nama mereka๏ฟผ.

Namun siapa yang tidak mengenal Rasulullah Muhammad๏ฟผ. Meski sudah wafat lebih dari 1.400 tahun yang lalu namun namanya masih segar hingga saat ini, disebut orang siang dan malam, seolah masih terus hidup bersama kita๏ฟผ.

Nah, inila yang disebut Buya Hamka sebagai orang yang sesudah mati hidup kembali, lebih panjang umurnya. Entah ratusan ribu tahun lagi, nama itu akan tetap hidup.

Syauqi, penyair Arab Mesir yang sangat terkenal pernah berkata:

โ€œSebelum engkau mati, peliharalah sebutan dirimu, yang akan dikenang orang daripada dirimu. Karena kenangan atas ketika hidup yang dulu itu adalah umur yang kedua kali bagi manusia.โ€

Karena itu, berhati-hatilah menjaga nama. Kita sudah mati hancur di kandung tanah, tapi ia masih hidup. ***
___________
Foto: dokumentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *