Resmikan Batik SLB Kartini Batam, Satu Lagi Bukti IKM Binaan Marlin kian Berkembang

Kabar Baik dari Batam

Resmikan Batik SLB Kartini Batam, Satu Lagi Bukti IKM Binaan Marlin kian Berkembang

2 min read

KETUA Dekranasda Kota Batam Hj Marlin Agustina (kanan) bersama Ny Sri Soedharsono, selaku Ketua Yayasan Keluarga Batam yang menaungi SLB Kartini, meresmikan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Batik SLB Kartini, di Aula Sekolah Luar Bisa (SLB) Kartini Batam, Rabu (23/9/2020) pukul 15.00 WIB.

KETUA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam Hj Marlin Agustina berbangga hati. Satu lagi pebatik binaannya tumbuh menjadi indus tri kecil menengah (IKM). Kali ini Batik SLB Kartini Batam.
β€œSaya merasa berbangga. Apa yang saya tanam, pupuk, rawat, sudah terlihat hasilnya sekarang,” tutur Marlin saat Peresmian Kelompok Usaha Bersama (Kube) Batik SLB Kartini, di Aula Sekolah Luar Bisa (SLB) Kartini Batam, Rabu (23/9/2020) pukul 15.00 WIB.
Dalam acara yang yang dihadiri oleh Ny Sri Soedharsono, selaku Ketua Yayasan Keluarga Batam yang menaungi SLB Kartini, Marlin menjelaskan, hadirnya IKM-IKM ini, menunjukkan antusiasme masyarakat dalam mengembangkan kerajinan. Khususnya batik di Kota Batam.
Selanjutnya Marlin meminta agar batik Batam tak usah dibanding-bandingkan dengan batik daerah lain. Sebab, punya tradisi berbeda.
β€œKalau dibandingkan mungkin memang kita kalah. Karena mereka sudah turun temurun, sedangkan kita baru memulai. Tapi untuk yang baru, kita sudah bagus. Untuk itu saya ingatkan, untuk
terus berlatih mengembangkan diri,” ujarnya.
Marlin sendiri saat ini sudah melakukan kaderisasi pebatik Batam dengan mulai menggandeng bakat-bakat muda dari kaum milenial. Dia juga telah mengembangkan kursus batik dan pelatihan.
Marlin tak menyangka bisa sebesar ini. Sebab awalnya ia memulai pengembangan batik Batam dengan menggandeng ibu-ibu rumah tangga. Sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam, ia mengajak kader-kadernya untuk menekuni dunia membatik.
Ia berharap melalui kegiatan tersebut para ibu rumah tangga bisa ikut meningkatkan perekonomian keluarga.
“Karena saya juga sebagai Ketua PKK. Perajin batik ini awalnya banyak ibu-ibu PKK dan ibu-ibu rumah tangga yang saya ajak. Tujuannya agar bisa membantu perekonomian keluarga,” ujarnya.
Kini setelah semua berkembang pesat, Marlin tidak berhenti di Kota Batam. Ia juga mengenalkan batik Batam sampai ke kabupaten/kota lain di Provinsi Kepulauan Riau.
Batik Batam juga ditampilkan acara-acara berskala nasional, bahkan ke negara tetangga Malaysia dan Singapura.
Kini, binaan Dekranasda pun sudah ada yang menampilkan desain batik Batam dalam pagelaran busana di Australia dan Dubai. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright Β© Katabatam.com | Newsphere by AF themes.