Embun Pagi HMR

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi HMR

1 min read

BAHASA menunjukkan bangsa, jua kata menunjukkan siapa dan bagaimana kita. Dari kata yang kita sampaikan menunjukkan jati diri kita. Apakah kita ini orang berilmu, atau bodoh. Apakah optimis atau pesimis dan peragu.

Meminjam istilah Ade Rai: “Kualitas diri kita adalah kualitas komunikasi kita, sedangkan kualitas komunikasi kita ditentukan oleh kualitas pertanyaan kita. Sebab, pertanyaan kita itu mengarah atau cerminan dari motivasi kita.”

Karena itu saat ini sampai ada ilmu “manajemen kata”, yakni bagaimana cara kita mengganti kalimat-kalimat negatif dengan kalimat positif.

Misal kata “sulit” diganti “menantang”, “bingung” ganti “menarik”, dan seterusnya.

Tujuan semua ini untuk men-setting pikiran kita agar bermental positif, bukan negatif. Sehingga bisa fokus pada solusi bukan masalah.

“Teko hanya mengeluarkan isi teko. Hati yang baik akan mengeluarkan kata-kata yang baik, hati yang busuk akan keluar kata-kata yang busuk pula,” ujar KH Abdullah Gymnastiar. ***
______
Foto: WALIKOTA Batam H Muhammad Rudi, menyambut KH Abdullah Gymnastiar dan Ustad Abdul Somad, saat memberi tausyiah di Masjid Agung Batam, tahun 2019 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright Β© Katabatam.com | Newsphere by AF themes.