Hari Batik Nasional: Kisah Kecintaan Marlin kepada Batik Batam

Kabar Baik dari Batam

Hari Batik Nasional: Kisah Kecintaan Marlin kepada Batik Batam

2 min read

HJ MARLIN Agustina kini sedang cuti sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam. Tapi hal itu tidak menghentikannya untuk mempromosikan batik Batam.

Pada setiap silaturahmi dengan warga, baik itu dengan ibu-ibu, bapak-bapak, maupun kaum milenial, Marlin selalu mengingatkan untuk mendukung pengembangan batik Batam. Terutama di Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2020 kemarin.

“Hari ini adalah Hari Batik Nasional. Harusnya ibu-ibu juga pakai batik, khususnya batik Batam,” tutur Marlin saat silaturahmi dengan majelis taklim Istiqomah Batu Batam, Jumat (2/10/2020).

Di acara itu, Marlin memang tampak memakai baju batik Batam. Desainnya unik, warna biru laut khas perairan di Kepulauan Riau dengan gambar beberapa ikan marlin yang berenang di antara biota laut lainnya.

Indah sekali Bu?

“Batik saya ini buatan anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Kartini, mereka anak-anak disabilitas, tapi bisa menghasilkan karya seperti ini. Saya bangga memakainya,” jelasnya.

Gerai Batik SLB Kartini ini hanya satu dari puluhan kelompok pembatik yang dibina Marlin melalui Dekranasda Batam. Pelatihan-pelatihan sudah diberikan ke warga yang berminat sehingga kini sudah lahir banyam industri kecil menengah (IKM) batik Batam.

“Untuk anak SLB Kartini ini kita bina selama 3 minggu. Sekarang mereka bisa produksi batik Batam, untuk dijual pada masyarakat. Selain mereka juga banyak IKM batik Batam lain binaan kita. Sebagai warga Batam kita harus mendukung juga, dengan memakai produk lokal ini,” ujar Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 3 tersebut.

Sejak 26 September lalu, Marlin sudah melepaskan statusnya sebagai Ketua Dekranasda, Ketua TP PKK, dan Bunda PAUD Kota Batam.

Ia cuti karena sedang melakukan kampanye pencalonannya di Pilkada Kepri. Ia berpasangan dengan Ansar Ahmad dalam pemilu serentak ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.