Embun Pagi HMR

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi HMR

1 min read

Foto: ilustrasi/ Walikota Batam H Muhammad Rudi, didampingi Hj Marlin Agustina Rudi (kiri) berfoto bersama Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya tahun 2019 lalu. 

ELEANOR Roosevelt, istri dari Presiden Amerika Serikat (AS) ke-32, Franklin Delano Roosevelt, pernah berkata:

“Small Minds discuss people, Average Minds discuss events, Great Minds discuss ideas (Pikiran Kecil membicarakan orang, Pikiran Sedang membicarakan peristiwa, dan Pikiran Besar membicarakan gagasan).

Dari 3 klasifikasi tersebut kita bisa menilai bagaimana kualitas seseorang. Orang yang pikirannya kecil akan selalu membicarakan pribadi orang lain dengan menebar gosip, caci maki hingga fitnah.

Manusia semacam ini tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali perseteruan. Maka itu sebisa mungkin hindari, agar kita tak ditarik ke dalam dunianya.

Beda dengan yang punya pikiran sedang. Ia akan selalu berdiskusi tentang apa yang terjadi, sehingga akan menghasilkan ilmu pengetahuan.

Yang paling bagus adalah pemilik pikiran besar. Ia akan selalu bicara tentang gagasan atau ide. Sehingga akan menghasilkan solusi atau terobosan baru bagi sesamanya.

Nah mulai sekarang, silakan tanya pada diri, termasuk tipe yang manakah pikiran kita? Bila memang tak bisa memiliki pikiran besar, minimal bisa menjaga agar tak punya pikiran kecil. Malu dilihat peradaban. ***
___________

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.