Dihadiri Jefridin, Batam Dapat Dana Hibah Pariwisata Rp69 Miliar Lebih

Kabar Baik dari Batam

Dihadiri Jefridin, Batam Dapat Dana Hibah Pariwisata Rp69 Miliar Lebih

2 min read

RENCANA kerja dana hibah pariwisata Tahun 2020 untuk telah diputuskan.Dalam dana hibah tersebut Batam mendapat Rp69.667.720. 000.

Kepastian ini didapat setelah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam H Jefridin menghadiri rapat koordinasi dan review rencana kerja dana hibah pariwisata Tahun 2020 di Jakarta yang digelar dari Senin (19/10/2020) hingga Rabu (21/10/2020).

“Alhamdulillah kita berucap syukur, Batam mendapat Dana Hibah Pariwisata ini,” kata Jefridin via telepon.

Adapun pembagiannya, 70 persen untuk hotel dan restoran, sedangkan sisanya, 30 persen untuk sosialisasi dan penerapan Protokol Covid-19 dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Adapun tanggal penyaluran hibah terakhir jatuh pada 23 Desember 2020.

“Surat penetapan pemberian hibahnya sudah kami terima. Surat ini menjadi dasar Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam mengalokasikan dana pada APBD untuk kegiatan pemulihan ekonomi sektor pariwisata,” jelas Jefridin.

Menjawab kapan dana tersebut bisa dicairkan? Jefridin menyebut paling lama 14 (empat belas) hari kerja setelah tanggal penerbitan surat ini.

Untuk itu pemerintah daerah calon penerima hibah diminta menyampaikan surat kesediaan atau penolakan mengikuti program hibah kepada Menteri Keuangan cq. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan.

“Kalau tak ada, maka hibah dibatalkan,” jelas Jefridin.

Terkait pelaksanaan hibah, mengacu pada ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai Pengelolaan Hibah dan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah.

Yang paling penting adalah, pengelolaan dana hibah ini diakukan secara profesional, borpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan daerah yang kredibel, transparan dan akuntabel, bersih dari praktik korupsi dan tidak ada konflik kepentingan.

Untuk diketahui, tindaklanjut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 46/PMK.07/2020 tentang pengelolaan hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dalam rangka penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan dampak akibat pandemi tersebut.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapatkan Program Hibah Pariwisata guna pemulihan ekonomi nasional tahun 2020 yang merupakan program untuk memberikan stimulus kepada pelaku industri hotel dan restoran dan pemerintah daerah yang telah menggerakkan pariwisata di daerahnya masing-masing. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.