Sudah Lama Disiapkan HMR, KEK Pariwisata Pulau Pengalap Segera Terwujud

Kabar Baik dari Batam

Sudah Lama Disiapkan HMR, KEK Pariwisata Pulau Pengalap Segera Terwujud

1 min read

PENJABAT sementara (Pjs) Walikota Batam Syamsul Bahrum Ph.D mengatakan Kota Batam akan mempunya satu kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.

“Letaknya di Pulau Pengalap, Kecamatan Galang,” kata Syamsul, Jumat (23/10/2020).

Saat ini seluruh persyaratan dapat dipenuhi atas dukungan Pemko Batam dan Pemprov Kepri serta dilengkapi oleh pihak pengusaha sehingga proses penetapan Pulau Pengalap sebagai KEK pariwisata diharapkan bisa segera terwujud.

Dengan adanya KEK Pariwisata nantinya diharapkan bisa meningkatkan sektor pariwisata di Kota Batam. Pulau Pengalap menurut dia memiliki kawasan pantai yang menarik untuk dikunjungi.

“Sekarang kan belum ada di Batam sebagai KEK Pariwisata. Karena itu kita terus dorong supaya ini bisa segera terealisasi,” katanya.

Sebagai kawasan pariwisata seluas 150,8 hektare, sebagai hutan produksi seluas 84,8 hektare, dan peruntukan kawasan hutan konservasi seluas 99,1 hektare.

Jika terealisasi, nantinya jalur Singapura ke Pulau Pengalap akan dibuka. Sehingga hal ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Singapura ke Batam.

“Kita masih terus koordinasi dengan pihak Imigrasi terkait hal ini,” katanya.

Sejak Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) masih aktif, Pulau Pengalap diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata demi mengejar pertumbuhan industri pariwisata di daerah pesisir Kota Batam Kepulauan Riau.

“Kick off” pengusulan KEK Pariwisata Pulau Pengalap dilakukan 16 Oktober 2019 lalu, ditandai dengan penyerahan dokumen usulan dari pemilik PT Pulau Bintang Emas kepada Menteri Pariwisata (saat itu) Arif Yahya di Pulau Pengalap. ***
_________
Sumber: Media Center Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.