Pasien Covid-19 tanpa Gejala Penuhi Rumah Sakit, Satgas Langsung Siapkan Antisipasi

Kabar Baik dari Batam

Pasien Covid-19 tanpa Gejala Penuhi Rumah Sakit, Satgas Langsung Siapkan Antisipasi

2 min read

SAAT ini semua kapasitas rumah sakit di Batam sudah full, bahkan beberapa rumah sakit melebihi kapasitas, alias over. Umumnya pasien yang dirawat adalah yang terinfeksi Covid-19 Kota Batam.

Bukan saja rumah sakit, sejumlah rusun di Tanjunguncang juga sudah mulai dipenuhi para pasien Covid-19 kategori asimptomatis atau tak bergejala.

Pasien Covid-19 Kota Batam tanpa gejala mulai dirawat di Rusun Tanjunguncang karena semua rumah sakit sudah penuh.

“Karena semua rumah sakit sudah full kapasitas, termasuk RSKI Corona Galang, akhirnya pasien-pasien positif yang tak bergejala kita karantina dan rawat di Rusun Tanjunguncang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Dr Didi Kusmarjadi SPoG pada batamclick, Minggu (25/10/2020).

Pasien tersebut berjumlah 130 orang. Mereka berasal dari berbagai penjuru Batam.

“Mereka ini hasil pengembangan cluster PT (pabrik di mukakuning), jumlahnya meledak,” lanjut Didi.

Didi berharap warga Batam harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

“Harus patuhi protokol kesehatan, rumah sakit kita semua dah full, mau dirawat dimana?” Sebutnya.

Hingga saat ini jumlah pasien covid 19 Kota Batam sudah mencapai 2571 orang.

Agar tak stres, pasien dihibur oleh perawat sebelum mulai dirawat di Rusun Tanjunguncang.

Sementara yang sudah berhasil sembuh sebanyak 1910 orang. Yang tak tertolong atau meninggal dunia sebanyak 65 orang dan yang masih dalam perawatan sebanyak 596 orang.

𝗦𝗮𝘁𝗴𝗮𝘀 𝗦𝗶𝗮𝗽 𝗔𝗻𝘁𝗶𝘀𝗶𝗽𝗮𝘀𝗶
Namun, Pemerintah Kota Batam sudah siap mengantisipasi akan hal ini. Langkah terbaru, Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) bakal dijadikan tempat karantina bagi pasien Covid-19.

“Hal ini sebagai langkah mengantisipasi pasien tak tertampung di rumah sakit rujukan dan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Batam,” ujar Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam H Jefridin, Minggu (25/10/2020).

Sekretaris Daerah Kota Batam ini juga mengatakan, lokasi tersebut sudah layak setelah ia bersama rombongan mengecek langsung ruang inap di Bapelkes yang berlokasi di Tanjunguncang ini.

Untuk diketahui, Bapelkes memiliki 70 ruang inap yang masing-masing terdiri dua ranjang. Total, 140 pasien dapat ditampung di lokasi yang berada di Kecamatan Batuaji tersebut. Selain itu, ada tujuh kamar khusus bagi tim medis yang akan merawat pasien.

Di samping Bapelkes rusun juga dipersipkan sebanyak 286 kamar yang dapat menpung sebanyak 572 orang di rusun milik Pemko Batam. ***
______
Dilengkapi Sumber artikel & foto: Batam Click

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.