Melihat “Salam Tinju” Cegah Covid-19 Ala Jefridin dan Ketua KPK

Kabar Baik dari Batam

Melihat “Salam Tinju” Cegah Covid-19 Ala Jefridin dan Ketua KPK

1 min read

SEKRETARIS Daerah Kota Batam H Jefridin menyambut kunjungan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri di Gedung Pemerintah Kota Batam, Rabu (11/11/2020) pagi.

Begitu Firli baru turun dari mobilnya di lantai 2, Jefridin langsung menyapa sambil menyambut dengan salam.

Menariknya, bukan salam jabat seperti biasanya, keduanya bersalaman dengan adu tinju (fist bump). Hal ini untuk mencegah adanya indikasi penyebaran virus Corona.

Kehadiran Ketua KPK tersebut untuk menyaksikan serah terima sertifikat tanah Pemerintah Daerah (Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota) se-Kepri yang dihelat di Lantai IV Kantor Walikota Batam, Jalan Engku Putri, Batam Center.

Penyebaran virus Corona ke sejumlah negara mengubah etiket lokal. Jabat tangan yang sebelumnya lazim dilakukan saat dua orang bertemu, diubah demi menghindari penyebaran virus secara lebih luas.

Selain salam tinju seperti yang dilakukan Jefridin, masyarakat selama ini sudah mengenal 4 salam alternatif lainnya. Yakni:

1. Namaste
Gerakan namaste dikenal dalam olahraga yoga. Biasanya, orang yang selesai latihan yoga akan mengucapkan namaste diikuti dengan gerakan mengatupkan kedua tangan di dada.

2. Lambaikan tangan
Gerakan mengangkat tangan dan membuka lima jari menyerupai lambaian tangan sangat cocok untuk rekan sejawat atau orang yang sudah akrab.

3. Salam dari hati
Vito menyebut gerakan ini dengan nama salam dari hati. Caranya dengan meletakkan telapak tangan kanan di dada kiri, kemudian membungkuk.

4. Senyum
Yang terakhir adalah senyum. Ini merupakan salam paling universal bagi Vito. Ketika seseorang tersenyum pada orang lain, itu artinya orang tersebut sedang menyapa. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.