Embun Pagi HMR

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi HMR

1 min read

PENGAMAT politik sekaligus dosen FISIP Universitas Indonesia Chusnul Mar’iyah menjelaskan, 3 unsur demokrasi. Yakni, kompetisi, partisipasi, serta civil & political liberty.

Contoh kompetisi ini dapat dilihat dalam peralihan kekuasaan, seperti pemilihan presiden atau kepala daerah saat ini.

Dalam kompetisi harus berasas jujur dan adil, gak boleh gunakan kekerasan. Makanya dalam pemilu ada istilah “from bullet to ballot” atau dari peluru ke kotak suara.

Sedangkan contoh partisipasi adalah, seperti pemberdayaan perempuan yang selama ini dilakukan calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina. Sebab, 49 persen warga Kepri ini perempuan, maka harus diperhatikan kepentingan politiknya.

Unsur yang ketiga adalah, civil & political libertys atau kebebasan sipil dan politik, yakni kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan berserikat dan lain-lain.

Mari jaga ketiga unsur demokrasi ini dengan etika dan moral yang baik. Jangan dirusak dengan segala bentuk kecurangan dan kekerasan, baik verbal apalagi fisik.

“Demokrasi tidak akan menghasilkan apapun jika dalam prosesnya saja sudah diciderai, bahkan dibuat cacat,” kata Ilham Gunawan. ***
________
Foto: ilustrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.