Mengenal Kredibilitas Lembaga Survei…

Kabar Baik dari Batam

Mengenal Kredibilitas Lembaga Survei…

2 min read

INDIKATOR Politik Indonesia, jadi hangat diperbincangkan setelah belum lama ini Direktur Eksekutifnya, Burhanuddin Muhtadi Ph.D, melansir perolehan suara kandidat Gubernur Kepulauan Riau.

Dalam hasil survei tersebut, pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Kepri nomor urut 3, Ansar-Marlin, menduduki posisi teratas, kalau dibulatkan: 38 persen.

Apakah lembaga survei ini bisa dipercaya?

Tak salah untuk mencari tahu apakah hasil survei tersebut tergolong abal-abal atau tidak. Caranya pun tak terlalu sulit. Asalkan mau berupaya. Pakai akal sehat, tentu saja.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mempelajari track record (rekam jejak) dari lembaga yang menyelenggarakan maupun orang-orang yang mengelola lembaga itu.

Misal siapa saja penelitinya, apakah kualitas akademiknya memadai, dan apakah metodologinya benar?

Kemudian bisa meneroka latar belakangnya, dalam hal ini lembaga survei Indikator Politik Indonesia, dan siapakah Burhanuddin Muhtadi? Bagaimana kiprahnya selama ini? Se-akurat apa hasilnya, dan sebanyak apa prestasinya?

Ingat, kredibilitas itu sangat penting. Di mana-mana di dunia, itulah hal pertama yang dipegang orang.

Layaknya media massa, bagi sebuah lembaga penyelenggara survei ternama seperti Indikator Politik Indonesia, kredibiltas atau track record itu mahal harganya.

Sekali mereka terbukti melakukan kecurangan, atau kesalahan yang disengaja dan terbuka ke publik, maka reputasinya tercoreng bahkan hancur. Tentu bukan pertaruhan yang main-main.

Kembali lagi soal kredibilitas atau track record ini, Indikator Politik Indonesia adalah satu dari tiga lembaga survei yang terbukti paling akurat memprediksi perolehan suara Jokowi-Ma’ruf pada pemilihan presiden 2019 lalu.

Selain itu, Indikator Politik Indonesia menjadi lembaga survei yang terdaftar untuk mengumumkan hasil hitung cepat atau quick count Pemilu 2019. Sebab sudah lolos terverifikasi oleh KPU untuk menjadi lembaga survei yang mengumumkan hasil pencoblosan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.