Bagai Resort, HMR Tinjau Pembangunan Kampung Tua Tanjungriau yang Digagasnya

Kabar Baik dari Batam

Bagai Resort, HMR Tinjau Pembangunan Kampung Tua Tanjungriau yang Digagasnya

2 min read

WALIKOTA BATAM H Muhammad Rudi (HMR), saat turun meninjau pembangunan Kampung Tua Tanjungriau, Minggu (6/12/2020).

WALIKOTA BATAM H Muhammad Rudi (HMR), Minggu (6/12/2020) kembali aktif bertugas. Hari pertama pasca selesai menjalani cuti, langsung turun meninjau sejumlah proyek pembangunan.

Salah satunya meninjau pembangunan Kampung Tua Tanjungriau. HMR ingin memastikan bahwa progres pembangunannya sesuai dengan perencanaan.

“Seperti pembuangan airnya, saya ingin benar-benar sesuai dengan perencanaan. Jangan sampai nanti ada masalah,” kata suami Hj Marlin Agustina ini di Tanjungriau, Minggu (6/12/2020).

Dijelaskannya, Pemko Batam terus berkomitmen untuk menjadikan kampung tua yang ada di Batam menjadi kawasan pariwisata. Kampung Tua Tanjungriau diharapkan menjadi contoh kampung tua lainnya.

Pihaknya berharap nantinya semua kampung tua menjadi kota yang bebas kumuh. Karena itu, pihaknya berharap masyarakat bisa turut mendukung rencana penataan kampung tua menjadi destinasi pariwisata baru tersebut.

“Kampung tua harus bebas dari kumuh, maka itu kita harap masyarakat juga dapat menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Setelah Kampung Tua Tanjungriau, HMR mengaku akan fokus terhadap pengembangan kampung tua lainnya. Seperti Tanjunguma dan juga Batu
Besar Nongsa.
“Jadi kalau Tanjungriau selesai, nanti kita bisa bergeser ke kampung tua lainnya,” pungkasnya.

๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฒ๐—น๐—บ๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฅ๐—ฒ๐˜€๐—ผ๐—ฟ๐˜, ๐—Ÿ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฝ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ง๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—”๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—Ÿ๐—ฎ๐˜‚๐˜
Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah tak main-main dalam menata Kampung Tua Tanjungriau. Desainnya ciamik, bagaikan resort.
Kontrak sudah diteken dan ini mulai dikerjakan Selasa (27/10/2020) lalu.

Sebagaimana yang sudah direncanakan 2019 lalu, menurut Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin beberapa waktu lalu, penataan Kampung Tua Tanjungriaul ini memiliki nilai kontrak Rp15,5 miliar (multiyears Loan APBN 2020-2021).

“Waktu pelaksanaan Oktober, bulan ini tahun 2020 hingga Juni 2021 tahun depan,” terang suami Hj Hariyanti Jefridin ini.

KataBatam mendapatkan gambar rancangan penataan Kampung Tua Tanjungriau tersebut. Benar-benar menakjubkan. Sepintas mirip resort. Cocok menjadi tujuan wisata baru di Kota Batam.

Di foto itu ada pelantar lingkar, plaza, drainase lingkungan, dan jalan poros dengan arsitektur menawan.
Uniknya lagi masih dilengkapi pelantar lingkar, pedestrian, hingga gerbang. Semua berseling dengan taman asri di atas laut. Sungguh indah dan nyaman untuk berolahraga atau sekadar melepas penat.

Item pekerjaan yang dilaksanakan tidak sekaligus. Pada tahun 2020 ini yang dikerjakan pelantar lingkar, plaza, drainase lingkungan, dan sebagian jalan poros.

Selanjutnya, tahun 2021 dilanjutkan bangun pelantar lingkar, lanjutan jalan poros, pedestrian, dan gerbang.
“Kampung tua ini kita buat jadi cantik, kita tata rapi, untuk dijadikan tempat kunjungan wisata,โ€ kata Jefridin.

Kampung Tua Tanjungriau ini dibangun lewat bantuan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Penataan akan dilaksanakan di lahan seluas 19 hektare.

Penataan Kampung Tua Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, pertama kali digagas oleh Walikota Batam H Muhammad Rudi (HMR) dalam
Musrenbang di Kelurahan Tanjunguma, Kecamatan Lubukbaja, pada Senin 11 Februari 2019 lalu.

โ€œKita minta penataan Tanjungriau. Kampung tua kita buat jadi cantik secantik tuan putri, kita tata jadi rapi, kita jadikan tempat kunjungan wisata,โ€ kata HMR. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ Katabatam.com | Newsphere by AF themes.