Ziarah ke Penyengat, Marlin Mampir di Rumah Saudara Sambil Bertukar Kabar

Kabar Baik dari Batam

Ziarah ke Penyengat, Marlin Mampir di Rumah Saudara Sambil Bertukar Kabar

2 min read

HARI Minggu (6/12/2020) dimanfaatkan Hj Marlin Agustina berziarah ke Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang.

Marlin tiba di Pulau Mas Kawin Sultan Mahmud Syah kepada Raja Hamidah pada 1803 tersebut, siang hari.

Usai salat berjamaah di Masjid Raya Sultan Riau, atau dikenal dengan Masjid Penyengat, Marlin pun melakukan ziarah ke Komplek Makam Raja/Engku Hamidah (Engku Puteri).

Dilanjutkan menziarahi Komplek Makam Raja Ali Haji, Makam Raja Haji Fisabilillah, serta diakhiri di Balai Adat Indra Perkasa.

Usai berziarah, Marlin mengunjungi kerabatnya yang sudah lama bermukim di pulau yang menjadi bukti sebuah kebesaran cinta dan kekuasaan orang Melayu itu.

Seorang wanita paruh baya tampak bergegas mengambut saat istri Walikota Batam H Muhammad Rudi itu tiba diambang pintu. Senyumnya terkembang.

Kemudian mereka berbincang akrab di ruang tamu, sambil sesekali bertukar kabar. “Semoga silaturahmi tak terputus ya. Dah lama juga tak ketemu. Rindu sekali,” ujar Marlin ramah.

“Alhamdulillah. Saya senang, engkau masih bisa menyempatkan untuk silaturahmi, meski sibuk sekali sekarang,” balas tuan rumah.

Tak terasa 30 menit berlalu. Marlin pun pamit undur diri. Sore pukul 17.00 Marlin pun bertolak menuju Batam.

Pulau Penyengat terletak di sebelah barat Kota Tanjungpinang sejauh kurang lebih 1,5 km dari Kota Tanjungpinang. Luasnya tidak lebih dari 1,5 km.

Tanahnya berbukit-bukit terdiri dari pasir bercampur kerikil, sementara pantainya umumnya landai; sebagian berumput, sebagian lagi berbatu karang.

Kini Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil berstatus kelurahan yang bernama Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang.

Jarak Pulau Penyengat dari Tanjungpinang hanya sekitar 1,5 km. Pulau tersebut terlihat dari Kota Tanjungpinang. Waktu tempuh pompong ke Pulau Penyengat hanya sekitar 10 menit. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.