Embun Pagi HMR

Kabar Baik dari Batam

Embun Pagi HMR

1 min read

“THERE are only two ways to influence human behavior: you can manipulate it or you can inspire it,” tulis Simon Sinek, dalam bukunya: Start with Why.

Contoh bagaimana mempengaruhi orang dengan memanipulasi adalah: mendadak tampil religius, atau memproduksi hoax, jargon bombastis, propaganda hingga agitasi murahan di media, termasuk media sosial.

Namun cara ini dinilai kurang efektif, mengingat saat ini kian terbukanya akses informasi dan jejak digital sehingga membuat masyarakat makin cerdas mencerna pesan pembentukan opini.

Tapi ada cara lain, yaitu memberi inspirasi. Cara kedua ini jauh lebih baik. Bagaimana caranya? Tentu dengan bukti nyata. Misal dengan track record yang baik berupa karakter kinerja, karakter akhlak, prestasi dan beragam kesuksesan lainnya.

“Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih besar, belajar lebih giat, berbuat lebih banyak dan menjadi lebih maju, maka Anda adalah seorang pemimpin,” kata mantan Presiden Amerika Serikat, John Quincy Adams. ***
_________
Foto: ilustrasi/ dokumentasi 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *