Bersihkan Dampak Bencana, Sabtu Ini Ribuan Orang Goro Massal di 9 Kecamatan

Kabar Baik dari Batam

Bersihkan Dampak Bencana, Sabtu Ini Ribuan Orang Goro Massal di 9 Kecamatan

2 min read

𝘼𝙮𝙤 𝙄𝙠𝙪𝙩 𝙏𝙪𝙧𝙪𝙣 𝙏𝙖𝙣𝙜𝙖𝙣!

SERIBU lebih orang yang terdiri dari petugas gabungan Pemerintah Kota Batam, TNI dan Polri serta masyarakat, akan turun ke titik terdampak bencana untuk gotong royong (goro) massal pada Sabtu (9/1/2021) pekan ini.

Hal ini disampaikan, Sekretaris Daerah H Jefridin merujuk pada hasil rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam dan camat se-Kota Batam, Senin (4/1/2021).

“Mereka hadir untuk membantu warga yang terdampak banjir dah longsor, agar masyarakat bisa menjalankan aktifitasnya kembali dengan cepat,” ujar suami Hj Hariyanti Jefridin, Selasa (5/1/2021) siang.

Kerja bakti ini dilaksanakan secara serentak pada sembilan kecamatan di pulau induk (mainland). “Setiap kecamatan dikerahkan maksimal 100 personel. Semua unsur ada di situ, seperti TNI dan Polri,” ungkapnya.

Kegiatan yang melibatkan 100 personel dari semua unsur ini merupakan kegiatan tingkat kota. Tak hanya itu di kecamatan juga menggelar kegiatan tersendiri yang juga melibatkan masyarakat.

“Titik lain yang juga perlu goro massal kami serahkan ke kecamatan masing-masing yang mengatur,” ucap dia.

Tidak hanya goro massal tersebut, sejatinya sejak awal Pemko Batam telah menurunkan alat berat pada titik-titik yang perlu penanganan khusus yang tidak bisa ditangani secara manual.

Dalam praktiknya dipetakan sesuai skala prioritas yakni menyesuakan dengan ketersediaan alat.

“Alat berat dari Dinas Bina Marga telah dikerahkan sejak tanggal 2 Desember lalu hingga saat ini. Karena keterbatasan, diprioritaskan paling penting sebagai cotoh dekat flyover Laluan Madani depan Kantor Kanwil Pajak dan beberapa titik lain,” papar dia.

Seperti diketahui, cuaca ekstrem terjadi di awal tahun 2021. Fenomena alam ini menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Tidak tinggal diam, Pemko Batam bergerak cepat. Bahkan di tengah guyuran hujan Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota H Amsakar Achmad turun langsung ke lapangan meninjau keadaan.

Tak menunggu lama, Pemko Batam langsung berkoordinasi internal dengan membentuk tim monitoring juga berkoordinasi dengan Forkopimda. Gayung bersambut, Forkopimda menyambut baik inisiasi Pemko Batam perihal goro massal ini. ***

Sumber: Media Center Batam

ALAT berat dari Dinas Bina Marga telah dikerahkan
sejak tanggal 2 Desember lalu hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *