Persiapan di Batam Sudah Komplet, Pagi Ini Vaksinasi Covid-19 Tahap I, Dimulai

Kabar Baik dari Batam

Persiapan di Batam Sudah Komplet, Pagi Ini Vaksinasi Covid-19 Tahap I, Dimulai

2 min read

VAKSINASI Covid-19 di Kota Batam akan dilaksanakan Jumat (15/1/2021), pukul 09.00 WIB pagi ini. Tempatnya di Panggung Utama Dataran Engku Putri, Batam Center, sebelah kantor Wali Kota Batam.

“Ini adalah vaksinasi tahap pertama. Tahap kedua akan dilaksanakan 14 hari kemudian,” jelas Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin.
Lanjut Jefridin, penerima vaksin akan mendapat kartu vaksinasi Covid-19.

“Kartu yang akan diberikan kepada semua orang yang divaksinasi ini sekaligus pengingat agar tepat waktu menjalani vaksin kedua,” jelas suami Hj Hariyanti Jefridin ini.

Sekadar diketahui, Kota Batam telah menerima 11.120 vial vaksin Covid-19 produksi Sonovac dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, pada Rabu (13/1/2021) siang.

Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, akan jadi orang pertama yang divaksin, menyusul kemudian Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad, dan ketiga Sekda Kota Batam H Jefridin.

Vaksinasi akan berlanjut. Selain dari pejabat di lingkungan Pemko Batam, juga jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyakarat, tokoh agama dan tenaga medis. “Total semua ada 20 orang,” lanjut Jefridin.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad mengatakan, tahapan vaksinasi nasional tahap awal telah dimulai Rabu tanggal 13 Januari 2020 di Jakarta yang juga diikuti langsung Presiden Joko Widodo, selanjutnya tingkat provinsi akan digelar Kamis 14 Januari 2020 dan tingkat kabupaten/kota Jumat 15 Januari 2021.

“Kami semua sudah sangat siap mendukung program vaksinasi ini dan juga siap menjadi orang pertama yang akan divaksin,” jelasnya.

Lanjut dia, vaksin ini telah mendapat persetujuan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga telah melalui uji klinis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dengan efikasi sebesar 65,3 persen.

Uji klinis juga telah dilakukan Brasil dan Turki. Adapun efikasinya melampaui syarat minimal dari WHO sebesar 50 persen.

“Saya pikir kita semua harus menerima ini (vaksinasi) demi kebaikan,” imbuh dia.

Untuk masyarakat lanjutnya, vaksinasi akan dilakukan setelah pencanangan.

Di Batam sendiri telah disiapkan Fasilitas Kesehatan (faskes) milik pemerintah maupun swasta sebagai posko vaksinasi, totalnya mencapai 115 faskes.

Tenaga vaksinator yang disiapkan sebanyak 1.045 orang. Adapun sasaran vaksin mencapai 875.911 orang.

“Artinya, Batam sudah siapkan semuanya. Mulai dari dari posko, tenaga medis dan lain-lain,” pungkas Amsakar. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *