Marlin Ajak Bangun Kepri dengan Perkuat Budaya Silaturahmi & Majukan UMKM

Kabar Baik dari Batam

Marlin Ajak Bangun Kepri dengan Perkuat Budaya Silaturahmi & Majukan UMKM

2 min read

HJ MARLIN Agustina, saat silaturahmi dengan masyarakat Telaga Riau, Kolong Atas, Kabupaten Tanjungbalai Karimun, Rabu (20/1/2021).

SEJAK dahulu Kepulauan Riau ini memiliki budaya luhur yang dinamakan silaturahmi. Inilah yang membuat daerah ini tak mudah dipecah belah.

“Dialog dan gotong royong perlu diperkuat. Ini esensi pembangunan Kepri. Inilah mengapa saya giat bersilaturahmi. Seperti saat ini,” ujar Hj
Marlin Agustina, saat silaturahmi dengan masyarakat Telaga Riau, Kolong Atas, Kabupaten Tanjungbalai Karimun, Rabu (20/1/2021).

Kalimat Marlin inilah yang disebut filsuf dan sosiolog dari Jerman Jurgen Habermas sebagai “public sphare”. Ruang dialog harus dibuka selebar-lebarnya untuk menjembatani seluruh perbedaan.

Dalam kesempatan ini Marlin juga membahas untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sebab, bisa menjadi penyelamat ekonomi keluarga di kala pandemi Covid-19 ini.

“Kita tahu saat ini UMKM menjadi salah satu sektor yang dianggap mampu memulihkan ekonomi. Tak hanya daerah, bahkan nasional,” jelasnya.
Program inilah yang akan dibawa Wakil Gubernur Kepulauan Riau terpilih ini, saat nanti dilantik.

Namun, Marlin yang juga istri Wali Kota Batam/ Kepala Badan Pengusahaan Batam Batam H Muhammad Rudi (HMR) akan memperbesar skalanya dengan melibatkan semua UMKM di Kepri.

Sekadar diketahui, dalam kapasitasnya Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam, Marlin sudah banyak membantu memberdayakan masyarakat punya usaha melalui program UMKM dan industri kecil menengah (IKM) binaan Dekranasda.

Bahkan kontribusi Marlin ini sampai menjadi liputan khusus Media Indonesia, edisi Senin (21/9/2020), dengan judul “Gandeng Kaum Ibu hingga Milenial, Marlin Perkenalkan Batik Batam sampai Mancanegara.”
Bahkan saat menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Batam, sedikitnya 270 UMKM yang telah ia bina. Satu di antaranya yang berkembang adalah UMKM batik Batam.

Terakir Marlin menyinggung soal perang melawan pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Karena itulah Marlin meminta masyarakat patuhi protokol kesehatan (prokes).

“Dulunya 3M, kini ditambah menjadi 5M. Yakni: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.