Besok Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Sekda Jefridin: Saya Siap 1.000 Persen

Kabar Baik dari Batam

Besok Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Sekda Jefridin: Saya Siap 1.000 Persen

2 min read

SEKRETARIS Daerah Kota Batam H Jefridin akan mendapat suntikan kedua vaksin Covid-19 di lantai 4, gedung Pemerintah Kota Batam, Engku Putri, Batam Center, Jumat (29/1/2021).

“InshaAllah saya siap,” ujarnya singkat, saat ditemui pagi ini di kantornya, Kamis (28/1/2021).

Seperti diketahui, Jefridin sudah menerima vaksin Covid-19 termin pertama pada Jumat (15/1/2021) lalu dan sudah dapat sertifikat vaksinasi.

Sesuai aturan, 14 hari setelahnya, atau Jumat (29/1/2021) penerima pertama, termasuk Jefridin, harus kembali menerima vaksin termin kedua.

“Alhamdulillah, selama 14 hari ini saya tak mengalami efek samping. Bahkan pegal pun tidak,” jelasnya.

Selama menunggu waktu tiba, Jefridin tetap teguh menjalankan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker – menjaga jarak – mencuci tangan pakai sabun, perlu ditambah menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

“Saya juga rutin olah raga dan pola hidup sehat lainnya,” jelasnya.

Menurut Jefridin menjaga prokes bukan soal divaksin atau tidak. Ini sangat penting dilakukan agar tak tertular, sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19 saat ini.

Lankah ini juga sesuai degan imbauan Ketua Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) dr James Allan Rarung.

Sebagaimana dikutip dari Antara, James mengatakan, protokol kesehatan tidak bisa hanya dipandang untuk mereka yang sudah sakit atau sudah terkena penyakit agar tidak menularkan penyakitnya tersebut, namun yang lebih luas dan lebih penting lagi adalah mencegah yang masih sehat untuk tidak terjangkit.

Jadi tidak bisa ada anggapan bahwa jika sehat ataupun tanpa gejala bahkan sudah disuntik vaksin Covid-19, maka tidak perlu lagi menjalankan protokol kesehatan seperti 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak aman) dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Setelah vaksin Covid-19 tersedia, maka protokol 3M justru dilengkapi dengan menggunakan vaksin dan menjaga kebugaran tubuh,” lanjut Jefridin.

Selain tetap melakukan protokol kesehatan dengan penerapan 3M, setelah mendapatkan suntikan vaksin, Jefridin juga senantiasa menjaga kebugaran tubuh.

“Kalau tak mempertahankan daya tahan tubuh, maka masih dapat terkena infeksi Covid-19, Dinda,” lanjut suami Hj Hariyanti Jefridin ini.

Mengutip pesan Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Jefridin kembali mengajak agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya ditambah memakai vaksin dan menjaga kebugaran tubuh, sehingga membantu Batam untuk bangkit serta pulih secara ekonomi disertai dengan peningkatan ketahanan di segala aspek kehidupan.

“InshaAllah, parang melawan pandemi ini lebih cepat kita menangkan,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.