Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua bisa Tambah Antibodi hingga 1 Tahun ke Depan

Kabar Baik dari Batam

Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua bisa Tambah Antibodi hingga 1 Tahun ke Depan

1 min read

PELAKSANAAN vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Kota Batam digelar di lantai 4, Gedung Pemerintah Kota Batam, Batam Center, Jumat (29/1/2021) pukul 09.30 WIB.

Tampak hadir Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, dan para tokoh yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Batam.

Sebelum vaksinasi dimulai, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam dr Didi Kusmarjadi melaporkan bahwa belum ada gejala signifikan pasca vaksinasi Covid-19 dosis pertama Jumat (15/1/2021) lalu.

“Paling banyak hanya lemas, nafsu makan bertambah, dan nyeri di daerah suntikan,” jelasnya.

Menurut Didi, vaksinasi ini penting untuk memberikan perlindungan, minimal 70 persen. Meski terinfeksi, gejalanya sangat ringan atau tak fatal.

“Penerima vaksinasi kedua ini, kadar antibodinya bisa bertambah 6 bulan hingga 1 tahun ke depan,” terangnya.
Bagaimana cara mengatahui antibodi dalam tubuh? Menurut Didi, saat ini di Kota Batam telah ada alat ukur antibodi usai vaksinasi.

“Cara cek efek vaksinasi yang dilakukan, bisa menggunakan alat ukur antibodi. Tapi satu bulan setelah vaksinasi dilakukan. Di Batam bisa ke Prodia,” terangnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wali Kota Batam H Muhammad Rudi mengatakan agar semua tetap menjaga protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker – menjaga jarak – mencuci tangan pakai sabun, perlu ditambah menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Terakhir dia mengucapkan terima kasih kepada para dokter yang selalu setia hadir dalam vaksinasi ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.