HMR Siap Sediakan Anggaran yang Diperlukan

Kabar Baik dari Batam

HMR Siap Sediakan Anggaran yang Diperlukan

2 min read

“𝐾𝑖𝑡𝑎 𝑏𝑒𝑟ℎ𝑎𝑟𝑎𝑝, 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑎𝑑𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑝𝑟𝑜𝑔𝑟𝑎𝑚 𝑡𝑒𝑟𝑠𝑒𝑏𝑢𝑡, 𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 𝑚𝑒𝑛𝑖𝑛𝑔𝑘𝑎𝑡𝑘𝑎𝑛 𝑘𝑜𝑚𝑝𝑒𝑡𝑒𝑛𝑠𝑖 𝑆𝐷𝑀 𝑑𝑎𝑛 𝑙𝑎𝑦𝑎𝑛𝑎𝑛 𝑝𝑒𝑛𝑑𝑖𝑑𝑖𝑘𝑎𝑛 𝑑𝑖 𝐵𝑎𝑡𝑎𝑚…”

WALI KOTA BATAM H Muhammad Rudi (HMR), mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Sekolah Penggerak. Bahkan, tahun ini, ada 20 sekolah di Batam yang dijadikan percontohan.

HMR menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk membuat kebijakan di tingkat daerah dan menyediakan anggaran untuk sekolah dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk mendukung program pemerintah pusat itu.

“Kita berharap, dengan adanya program tersebut, dapat meningkatkan kompetensi SDM dan layanan pendidikan di Batam,” ujarnya, Senin (16/2/2021).

Untuk diketahui, program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya.

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.

Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Adapun program Sekolah Penggerak pada tahun ajaran 2021/2022, program itu akan melibatkan 2.500 satuan pendidikan di 34 provinsi dan 110 kabupaten/kota, tahun ajaran 2022/2023, akan melibatkan 10.000 satuan pendidikan di 34 provinsi dan 250 kabupaten/kota.

Tahun ajaran 2023/2024 melibatkan 20.000 satuan pendidikan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota selanjutnya sampai 100 persen satuan pendidikan menjadi sekolah penggerak.

Untuk di Kepri, baru Batam yang menerapakan program Sekolah Penggerak. Persetujuan keikutsertaan Batam dalam program ini telah ditandatangani Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, pada Januari lalu.

𝗔𝗱𝗮 𝟮𝟬 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗝𝗮𝗱𝗶 𝗣𝗲𝗿𝗰𝗼𝗻𝘁𝗼𝗵𝗮𝗻
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan, mengatakan untuk 2021 ini sekolah di Batam dijadikan percontohan program Sekolah Penggerak.

Adapun sekolah yang menjadi percontohan sebanyak 20 sekolah; dua TK, tujuh SD, lima SMP, empat SMA, dua SLB.

“Mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan lancar,” kata dia.

Ia mengatakan, ada 51 sekolah yang ikut sosialisasi Sekolah Penggerak. Dalam sosialisasi yang dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Batam H Jefridin, Senin (15/2/2021) tersebut, dipaparkan terkait program, tujuan, hingga menggerakkan sekolah lain agar mampu meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing sekolah.

“Tujuan akhir yang diharapkan Mendikbud RI, semua sekolah menjadi Sekolah Penggerak. Dari jumlah sekolah yang akan menjadi percontohan, akan dilakukan seleksi untuk menerapkan program nasional tersebut di Kota Batam,” kata dia. ***
___________
Sumber: 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐧𝐭𝐞𝐫 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Katabatam.com | Newsphere by AF themes.