Jalan Mulus, Faskes hingga Pendidikan Bertambah, Sagulung Kini Lebih Baik & Maju

Kabar Baik dari Batam

Jalan Mulus, Faskes hingga Pendidikan Bertambah, Sagulung Kini Lebih Baik & Maju

2 min read

SEMANGAT membangun terus digelorakan dan diwujudkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Perlahan tapi pasti, ragam pembangunan menunjukkan hasilnya.

Tak terkecuali yang dilakukan di Kecamatan Sagulung. Tahun 2021 ini saja, ada 135 paket kegiatan yang dilakukan di kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Batam tersebut.

“Jumlah ini cukup besar, di samping ada harapan ke depan semakin banyak lagi. Berbagai pembangunan ini, perlahan tapi pasti membuat wajah Sagulung semakin baik,” ungkap Camat Sagulung, Reza Khadafi saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2022 tingkat Kecamatan Sagulung di Sekolah Sentosa Perdana National SP Plaza, Sagulung, Rabu (24/2/2021) malam.

Ketua LPM Sagulung Irwan Ibrahim juga menyampaikan hal serupa. Sagulung kini telah mengalami banyak kemajuan, jalan yang sebelumnya berlumpur telah disemenisasi, fasilitas kesehatan (faskes) dan pendidikan juga terus bertambah.

Meski demikian, ia mengakui masih banyak pembangunan yang perlu dilengkapi secara bertahap.

“Memang pembangunan belum lengkap, tapi Sagulung kini tidak serepot tahun-tahun yang telah lalu,” imbuhnya.
Harapan agar pembangunan dapat terus dilakukan di Sagulung tergambar dari harapan perwakilan seluruh LPM kelurahan.
Mereka meminta pembangunan fisik, fasilitas kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad bersama Wakil Ketua I PKK Batam Erlita Sari Amsakar hadir dalam kegiatan ini. Juga turut hadir pimpinan OPD di lingkungan Pemko Batam.

Amsakar memahami semangat masyarakat menuju Batam lebih baik yang tergambar dari usulan-usulan tersebut.

Menurutnya, semangat yang sama juga ada dalam diri Wali Kota Batam H Muhammad Rudi dan dirinya. Namun demikian, keterbatasan anggaran membuat pembangunan dilakukan dengan mempertimbangkan skala prioritas, terlebih kini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam berkurang karena didera Pandemi Covid-19.

“Hal ini semua kembali ke anggaran, maka dari itu perlu skala prioritas,” imbuh Amsakar.

𝗗𝗮𝗽𝗮𝘁 𝗛𝗶𝗻𝗴𝗴𝗮 𝟭𝟯𝟱 𝗣𝗮𝗸𝗲𝘁 𝗣𝗲𝗺𝗯𝗮𝗻𝗴𝘂𝗻𝗮𝗻
Merujuk pada paparan Camat Sagulung, Amsakar menyebutkan di tengah keterbatasan yang ada, ia menyukuri tahun ini Kecamatan Sagulung ketiban pembangunan hingga 135 paket kegiatan.

Hal ini cukup banyak padahal dunia kini dihadapkan pada persoalan pandemi.

Namun demikian, lanjut Amsakar, pembangunan Batam tak boleh berhenti. Makanya, pihaknya Rudi-Amsakar tak patah arang mengarahkan semua potensi untuk membangun Batam semakin maju ke depan.

“Lima tahun yang telah kami jalankan, kalau kami terjebak pada rutininas wajah kota ini tak berubah. Efisiensi belanja pegawai kami lakukan, perjalana dinas kami pangkas, rapat dan konsumsinya kami kurangi dan lain sebagainya,” ujarnya.

Semua hal ini dilakukan tanpa harus menghilangkan tanjung jawab wajib seperti pendidikan, kesehatan hingga pembangunan yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

“Alhasil, makanya bisa jalan dibangun, masjid Sultan Mahmut Riayat Syah terbangun hingga dana PIK yang naik setiap tahunnya,” tambah dia. ***

Sumber: 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐧𝐭𝐞𝐫 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *