Melihat Cara Berkomunikasi Wagub Marlin: Lebih Orisinal, Lekat dengan Masyarakat

Kabar Baik dari Batam

Melihat Cara Berkomunikasi Wagub Marlin: Lebih Orisinal, Lekat dengan Masyarakat

2 min read


ADA SEBUAH CATATAN menarik saat menyertai silaturahmi Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina. Tampak sekali, gaya komunikasi Marlin sangat disukai masyarakat.

Jangan heran bila saat bersama warga, Marlin tak hanya bertemu, tapi juga berjumpa. Sehingga bisa lebur dan berbaur. 

Kalau meminjam istilah teori dialog filsuf Martin Buber, Marlin berhasil menciptakan dialog yang “begegnung.” 

Begegnung adalah pertemuan yang melibatkan dengan seluruh diri dan pribadi kita. Pertemuan yang mendalam yang betapapun pendeknya, akan sanggup mengubah diri orang lain selamanya.

Dalam pengamatan kataBatam, hal ini sudah sejak lama dilakukan Marlin. Bukan hanya ketika duduk sebagai wagub.

Gaya komunikasi Marlin tidak emosional. Istri Wali Kota Batam H Muhammad Rudi ini selalu menggunakan bahasa sehari-hari, sederhana dan biasa digunakan banyak orang. 

Wajar jika wakil gubernur perempuan pertama di Kepri ini jauh lebih orisinal, karena tidak menjiplak gaya berpidato atau berbicara siapa pun. Marlin menjadi dirinya sendiri. 

Karena itulah, masyarakat jadi lebih memahami pesan-pesan komunikasi yang disampaikan. 

Ini lebih baik daripada menjejali minda masyarakat dengan slogan-slogan agar mendapat panggung politik pencitraan, sehingga membuat masyarakat tertarik.

Keunggulan lainnya, Marlin selalu berbicara dengan data. Bukan retorika. Yang dibahas pun konkret, selalu masalah sehari-hari yang lekat dengan rakyat. Misalnya, tentang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak hingga UKM.

Bahasa nan sederhana ini, membuat konsep komunikasi Marlin tak abstrak. Mungkin karena selama ini Marlin lebih memilih untuk lebih banyak bekerja ketimbang banyak bicara.

Inilah yang memunculkan orientasi Marlin tidak berjarak dan ingin menyatu dengan masyarakat Kepri apapun level dan profesinya.

Sehingga Marlin tak canggung duduk di lantai, meski kalau mau, Marlin berhak mendapatkan fasilitas very very important person. Ya, bagaimana pun ia adalah seorang wakil gubernur. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *