Buka Musrenbang Tanjupinang, Marlin Gagas Rencana Majukan Kota-kota di Kepri

Kabar Baik dari Batam

Buka Musrenbang Tanjupinang, Marlin Gagas Rencana Majukan Kota-kota di Kepri

2 min read

MUSYAWARAH Rencana Pembangunan (Musrenbang) adalah akar pembangunan suatu wilayah, bahkan daerah. Inilah yang menentukan maju tidaknya suatu daerah.

Inilah yang menjadi alasan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, tak mau melewatkan Musrenbang tingkat kabupaten/kota di serata Provinsi Kepri. Marlin bertekad sinergikan program untuk memajukan kota-kota di Kepri.

โ€œSaya sangat bersyukur bisa hadir pada kesempatan ini, dan melihat langsung masalah apa yang tidak terselesaikan,” ujar Wagub Marlin saat membuka Musrenbang Kota Tanjungpinang tahun 2021 yang bertemakan โ€œPeningkatan Investasi, Penanggulangan Kemiskinan, dan Reformasi Birokrasiโ€, di Kantor Wali Kota Tanjungpinang, (18/3/2021).

Sekadar diketahui, semenjak di Batam, Marlin sudah terbiasa mengikuti musrenbang hingga tingkat kelurahan. 

“Penyelesaian permasalahan atau program-program itu bisa kita sinergikan antara Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau,โ€ sambungnya yang saat itu didampingi Wali Kota Tanjungpinang Rahma

Khusus untuk kota Tanjungpinang, untuk menyelaraskan pembangunan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, maka perlu menetapkan arah pengembangan kawasan kota yang sekarang berstatus Ibukota Provinsi untuk dijadikan wilayah pusat pemerintahan, pendidikan, wisata budaya melayu, dan industri halal.

โ€œJadi kita sudah ada plot-plotnya, saya melihat kota Tanjungpinang banyak potensi seperti itu. Tidak  hanya kota ini saja, kabupaten dan kota lainnya pun sudah ada gambaran masing-masing akan dikembangkan seperti apa,” papar wagub.

๐—Ÿ๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐˜ ๐—ž๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ฃ๐—•๐——, ๐—ฃ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ฆ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ถ๐—ผ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€

Dalam menyusun program yang nantinya diusulkan di APBD Provinsi Kepri, Wagub Marlin mengarahkan untuk memperhatikan program kegiatan strategis gubernur dan wakil gubernur, antara lain Kartu Kepri Sejahtera, lalu insentif guru SMA/SMK swasta, serta bantuan pakaian anak sekolah.

โ€œMungkin kita harus melihat kekuatan APBD tetapi ada cara lain untuk mewujudkan ini, yaitu melalui CSR-CSR yang bisa kita berdayakan ke depan,โ€ sarannya.

Terakhir wagub berharap Musrenbang Kota Tanjungpinang ini menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi  antar-perangkat daerah dan juga mengukuhkan kolaborasi antara Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Namun, ia mengingatkan tidak semua usulan dan aspirasi dapat diakomodir. Karena saat ini Pemerintah baik pusat sampai tingkat daerah mempunyai prioritas terlebih dahulu untuk memulihkan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

โ€œPesan saya satu,  ada skala prioritas yang harus kita utamakan mengenai pemulihan ekonomi. Apalagi di masa Pandemi Covid-19 seperti ini. Karena itu saya harapkan partisipasi seluruh masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan,โ€ kata Wagub Marlin. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *