Namanya Dipakai Penipu untuk Mencuri Nomor WA, Marlin Minta Warga Waspada

Kabar Baik dari Batam

Namanya Dipakai Penipu untuk Mencuri Nomor WA, Marlin Minta Warga Waspada

1 min read

WAKIL Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina mengaku kaget namanya dicatut, dan dijadikan modus penipuan terhadap warga Batam melalui Facebook Messenger.

“Baru saja saya dapat laporan nama saya digunakan pihak tak bertanggung jawab, diduga untuk menipu. Jangan dilayani,” tegas Marlin.

Dugaan penipuan ini menyeruak dari postingan Facebook Kecamatan Batamkota yang menyebut ada seorang netizen dikirim pesan dari Facebook messenger (inbox), oleh akun yang memakai nama dan foto Wagub Marlin, lengkap dengan pakaian dinas upacara. 

Dalam pesannya, si penipu yang mencatut nama Wagub Marlin, meminta nomor WhatsApp calon korban (lihat screenshot).

ini adalah modus penipu untuk menyadap/menggandakan (cloning) aplikasi WhatsApp (WA) korban. 

Setelah mendapat nomor WA, lalu pelaku mengirimkan kode notifikasi ke nomor WA tersebut. Tujuannya, nomor WA yang sudah di-cloning tersebut akan dipakai untuk menipu atau kejahatan lainnya.

“Sekali lagi itu tidak benar. Mohon jangan tertipu. Saya minta kepada siapapun agar jangan pernah memberikan nomor WA, apalagi meng-klik tautan kode notifikasi yang dikirimkan ke nomor WA Anda,” saran Marlin.

Penipuan yang meretas akun Facebook dan mencatut nama pejabat tinggi di Batam, bukan kali ini saja terjadi. 

Pertengahan 2020 lalu, akun Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin juga kena retas dan dipakai untuk menipu dengan menawarkan handphone murah.

Tak lama berselang, ada Facebook mengatas namakan Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad, mengirim pesan berantai meminta uang ke masyarakat. 

Untuk itu, masyarakat diimbau jangan mudah percaya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *