Utusan dari 17 Provinsi Berkumpul di Batam Bahas Pembinaan Kawasan Permukiman

Kabar Baik dari Batam

Utusan dari 17 Provinsi Berkumpul di Batam Bahas Pembinaan Kawasan Permukiman

2 min read


SEKRETARIS DAERAH (Sekda) Batam H Jefridin, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Tahun 2021 Regional Barat di Planet Holiday Hotel, Senin (22/3/2021). 

Bimtek tersebut diikuti 40 peserta dari 17 provinsi secara hybrid dan berlangsung hingga Kamis (25/3/2021).

Jefridin, mengatakan PKP merupakan salah satu urusan pemerintahan konkuren. Artinya, dibagi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Ini termasuk urusan wajib pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar, sebagaimana tertuang dalam Undang-undang 23/2014 tentang Penerintahan Daerah.

“Urusan PKP merupakan urusan yang sangat kompleks, tak bisa ditangani secara sektoral oleh satu instansi pemerintahan saja. Oleh karenanya, harus dilakukan secara komprehensif, sinergi, dan kolaboratif dari pusat hingga daerah,” ujar suami Hj Hariyanti Jefridin ini.

Menindaklanjuti hal ini, pemerintah telah mendorong terjadinya kolaborasi dan sinergi antarsektor dalam penyelenggaraan urusan PKP melalui insiasi pembentukan kelompok kerja (Pokja) PKP, mulai dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Dengan adanya Pokja PKP diharapkan akan dapat memajukan pembangunan bidang PKP dan menciptakan penyelenggaraan yang lebih efektif dan efisien.

Tujuannya, mewujudkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat untuk rumah dan akses layanan air minum serta sanitasi yang layak dan terjangkau di permukiman yang aman, sehat, dan berkelanjutan.

Untuk mendukung dan memperkuat peran dan fungsi Pokja PKP agar tepat sasaran, maka di awali dengan bimtek untuk pelaksana, maupun instansi kunci di daerah terkait dengan Pokja PKP. 

𝗧𝗲𝗿𝗶𝗺𝗮 𝗞𝗮𝘀𝗶𝗵 𝗧𝗲𝗹𝗮𝗵 𝗠𝗲𝗺𝗶𝗹𝗶𝗵 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺

Di kesempatan itu, Sekda juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan yang telah memilih Kota Batam sebagai tempat pertemuan. 

Hal itu sejalan dengan misi Batam menjadikan daerah ini sebagai Kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), dan kota yang representatif bagi penyelenggaraan kegiatan pertemuan skala nasional maupun regional.

“Selamat datang bagi para peserta di Kota Batam. Selama kegiatan berlangsung, terus terapkan protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” ujarnya.

𝗧𝗮𝗿𝗴𝗲𝘁 𝗕𝗮𝗻𝗴𝘂𝗻 𝟴𝟳𝟱 𝗥𝗶𝗯𝘂 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗥𝘂𝗺𝗮𝗵

Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dwityo A Soeratno, menyampaikan, kegiatan ini bagian dari pembinaan kepada pemerintah daerah sebagai akses dalam mewujudkan perumahan yang layak huni.

“Tiga hal yang perlu diperhatikan pemerintah daerah; percepatan pembentukan Pokja PKP, 

Pentingnya pembangunan berbasis data PKP berkualitas, dan membangun kemauan dan kemampuan membuat proyek perencanaannya,” ujar Dwityo secara virtual.

Ia juga menyampaikan, untuk target hingga 2024 sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menangah Negara (RPJMN), sebanyak 875 ribu unit rumah. ***

_______

Sumber: Media Center Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *