Batam Teratas di MCP 2020, Jefridin: Kuncinya Patuhi Renaksi Berantas Korupsi

Kabar Baik dari Batam

Batam Teratas di MCP 2020, Jefridin: Kuncinya Patuhi Renaksi Berantas Korupsi

1 min read


SEKRETARIS DAERAH Kota Batam H Jefridin tampak bahagia. Pemerintah Kota (Pemko) Batam dapat nilai tertinggi untuk Monitoring Center for Prevention (MCP) Tahun 2020, se-Provinsi Kepulauan Riau, dengan capaian 84 poin.

“Alhamdulillah, Batam berada di posisi teratas,” jelasnya usai menemani Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) rapat koordinasi Program Pencegahan Korupsi Pemerintah Daerah se-Kepri, di Aula Wan Seri Beni Dompak, Tanjungpinang, Rabu (24/3/2021).

Sekadar diketahui, MPC merupakan tolok ukur yang dibuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana rasuah. 

Tujuannya, mendorong perbaikan sistem, regulasi, serta yang terpenting adalah implementasi sistem pengelolaan  yang lebih transparan.

Keberhasilan ini tentu tak lepas dari kepiawaian Jefridin, sebagai pejabat kuasa pengguna anggaran, menerjemahkan perintah wali kota dalam pengelolaan anggaran yang bebas korupsi. 

“Kuncinya kawan-kawan (jajaran organisasi perangkat daerah/OPD) selalu melekat kepada rencana aksi (renaksi) pemberantasan korupsi Kota Batam yang sudah disepakati bersama KPK. Tugas saya mengkoordinasikan kepala OPD atas perintah Wali Kota Batam,” jelas suami Hj Hariyanti Jefridin ini.

Di antara beberapa poin Renaksi tersebut adalah; Penataan Pengelolaan Aset Daerah, Optimalisasi PAD, Meningkatkan Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dan seterusnya.

𝗠𝗲𝗻𝗱𝘂𝗸𝘂𝗻𝗴 𝗣𝗲𝗺𝗯𝗲𝗿𝗮𝗻𝘁𝗮𝘀𝗮𝗻 𝗞𝗼𝗿𝘂𝗽𝘀𝗶 𝗱𝗶 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi (HMR), mengatakan bahwa Pemko Batam siap berkomitmen dan mendukung program KPK dalam pemberantasan korupsi, karena sejatinya anti-korupsi.

“Pemko Batam akan terus berupaya meningkatkan penilaian MCP sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan oleh KPK,” ucapnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *