Sebelum Pintu Wisman Dibuka, HMR Tagih Komitmen Pelaku Pariwisata Terapkan SOP

Kabar Baik dari Batam

Sebelum Pintu Wisman Dibuka, HMR Tagih Komitmen Pelaku Pariwisata Terapkan SOP

1 min read


“𝐻𝑎𝑟𝑖 𝑖𝑛𝑖 𝑠𝑎𝑦𝑎 𝑢𝑛𝑑𝑎𝑛𝑔 𝑘𝑖𝑡𝑎 𝑑𝑖𝑠𝑘𝑢𝑠𝑖 𝑏𝑒𝑟𝑠𝑎𝑚𝑎. 𝐾𝑒𝑚𝑢𝑑𝑖𝑎𝑛 𝑏𝑖𝑎𝑦𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑠𝑒𝑝𝑒𝑟𝑡𝑖 𝑎𝑝𝑎 𝑛𝑎𝑛𝑡𝑖, 𝑚𝑖𝑠𝑎𝑙 𝑠𝑒𝑚𝑢𝑎 𝑘𝑎𝑟𝑦𝑎𝑤𝑎𝑛 𝑛𝑎𝑛𝑡𝑖 ℎ𝑎𝑟𝑢𝑠 𝑑𝑖𝑡𝑒𝑠 𝑏𝑒𝑏𝑎𝑠 𝐶𝑜𝑣𝑖𝑑-19? 𝐾𝑒𝑚𝑢𝑑𝑖𝑎𝑛 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑗𝑢𝑔𝑎 ℎ𝑎𝑟𝑢𝑠 𝑡𝑖𝑛𝑔𝑔𝑎𝑙 𝑑𝑖 𝑠𝑎𝑛𝑎, 𝑠𝑖𝑎𝑝 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑘𝑖𝑟𝑎-𝑘𝑖𝑟𝑎? 𝐼𝑛𝑖 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑝𝑒𝑟𝑙𝑢 𝑘𝑖𝑡𝑎 𝑏𝑎ℎ𝑎𝑠 𝑙𝑒𝑏𝑖ℎ 𝑙𝑎𝑛𝑗𝑢𝑡…” 

PEMERINTAH berencana akan membuka pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) atau Travel Corridor Arrangements. Rencananya akan dimulai pada 21 April 2021 mendatang.

Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) mengatakan, banyak hal yang harus dipersiapkan jika kawasan pariwisata Nongsa akan dibuka bagi wisman. Terutama yang berkaitan dengan standar operasional prosedur (SOP).

“SOP-nya seperti apa? Ini yang harus kita siapkan dan dudukan bersama,” katanya, saat memimpin rapat bersama pelaku usaha pariwisata Nongsa, Rabu (24/3/2021).

Kebijakan ini tak hanya mempertaruhkan nama Batam saja tapi juga Indonesia. Pasalnya, jika kebijakan ini diberlakukan dan seandainya ada satu saja wisman yang datang ke Batam dan setelah pulang ditemukan positif Covid-19 maka tidak ada lagi yang mau datang.

“Kita kan jadi percontohan, maka harus jadi contoh yang baik,” katanya.

Karena itu pihaknya sengaja mengumpulkan semua pelaku pariwisata yang ada di Nongsa. Sehingga sebelum diterapkan nantinya semuanya bisa dengan benar-benar dilaksanakan.

Jangan sampai nantinya pelaku usaha tidak siap saat kebijakan tersebut diterapkan. Kemudian, juga harus komitmen dilaksanakan. Sehingga siapapun yang datang wajib melaksanakan SOP tersebut.

“Hari ini saya undang kita diskusi bersama. Kemudian biayanya seperti apa nanti, misal semua karyawan nanti harus dites bebas Covid-19? Kemudian mereka juga harus tinggal di sana, siap tidak kira-kira? Ini yang perlu kita bahas lebih lanjut,” ujarnya. ***

________

Sumber: 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐧𝐭𝐞𝐫 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *