I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read


HIDUP KADANG banyak tantangan, baik itu dengan orang lain atau keadaan yang kita hadapi. Tapi yang membedakan sukses tidaknya seseorang adalah cara merespon hidupnya.

Steven Covey, pernah mengulas hal ini dalam bukunya berjudul: 7 Habits of Highly Effective.

Covey membagi kebiasaan menjadi tiga komponen: pengetahuan (apa yang kamu tahu), kemampuan (bagaimana caranya), dan keinginan (apa yang ingin kamu lakukan).

Covey percaya bahwa hidup kita tergantung dari cara kita melihat dunia. Apabila kita ingin mengubah kondisi yang kita alami sekarang, kita harus mengubah cara pandang kita dulu.

Salah satu caranya, Covey menjelaskan konsep lingkaran pengaruh (Circle of Influence) dan lingkaran kepedulian (Circle of Concerns).

Lingkaran kepedulian berisi tentang semua hal yang kita pedulikan. Dari lingkaran itu, kita buat lingkaran yang lebih kecil lagi, isinya adalah hal-hal yang bisa kita pengaruhi atau kontrol hasilnya. 

Sederhananya, kita hanya merespon atau memikirkan apa yang dalam jangkauan (kontrol) kita. Tak semua hal di dunia ini harus ditanggapi. Toh kita bukan pusat alam semesta juga kan? ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *