Malam Ini, Malam Nisfu Syaban, Baca Surat Yasin, dan Al Waqiah, Sambung dengan Puasa

Kabar Baik dari Batam

Malam Ini, Malam Nisfu Syaban, Baca Surat Yasin, dan Al Waqiah, Sambung dengan Puasa

2 min read


BULAN SYABAN merupakan bulan yang mulia bagi seluruh umat muslim. Pasalnya, bulan yang jatuh di antara bulan Rajab dan Ramadan ini menjadi kesempatan bagi semua umat muslim untuk mendapatkan ampunan seluas-luasnya dan terbukanya pintu rahmat dari Allah SWT.

Dalam sejarah Islam, banyak peristiwa besar yang terjadi pada bulan Syaban. Seperti, peristiwa pemindahan arah kiblat dari Masjidil Aqsa menuju Kabah, serta waktu diangkatnya catatan amal manusia. 

Dengan beberapa peristiwa besar ini tidak heran jika bulan Syaban disebut sebagai bulan yang penuh rahmat.

Di bulan ini, ada malam mulia, yakni malam Nisfu Syaban yang jatuh pada 15 Syaban, atau pada kalender Masehi, malam Nisfu Syaban jatuh pada malam ini, (Minggu, 28/3/2021).

Malam Nisfu Syaban memiliki beberapa keutamaan dan manfaat antara lain dosa-dosa kita akan diampuni. Selain itu, permohonan hamba Allah SWT yang soleh akan dikabulkan.

Malam Nisfu Syaban juga disebutkan dalam hadist riwayat Imam Ibn Majah.

“Nabi SAW bersabda, ‘Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman, ‘Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rizki, maka akan kuberikan rizki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, adakah sedemikian, hingga terbit fajar.” (HR Imam Ibn Majah).

Karena begitu dahsyatnya keutamaan dan manfaat malam Nisfu Syaban, kita tidak boleh melewatkan begitu saja. Amalan-amalan malam nisfu syaban yang harus dilakukan seperti:

1. Puasa

Nabi Muhammad melakukan puasa malam Nisfu Syaban. 

2. Membaca Surat Yasin 3 Kali setelah Maghrib.

a. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca, yakni niat panjang umur

b. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca, yakni niat menolak bala

c. Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca, yakni niat hanya berharap pada Allah.

3. Baca Al Quran dan Surat Al Waqiah

Pada malam Nisfu Syaban kita dianjurkan untuk membaca Al Quran. Surat yang dibaca selain Surat Yasin, bisa Surat Al Waqiah.

Dilansir buku ‘Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapi Do’a dan Zikir) karya Kholidin, surat Al Waqiah dibaca pada malam hari. Jika dibaca pada malam Nisfu Syaban, manfaatnya akan berlipat ganda.

4. Salat Sunnah Tasbih

Amalan Nisfu Syaban selain puasa dan membaca Surat Yasin dan Al Waqiah yakni sholat sunnah tasbih. Sholat tersebut diajarkan Rasulullah SAW kepada pamannya, Sayyidina Abbas ra.

5. Doa malam Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa.

Berikut doa malam Nisfu Syaban dilansir buku Kalender Harian Ibadah Sunnah oleh Mujahidin Nur:

Allaahumma innaka ‘afuwwung- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat.” ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *