Hanami Sakura Pindah ke Batamindo

Kabar Baik dari Batam

Hanami Sakura Pindah ke Batamindo

2 min read


HANAMI (花見, melihat bunga) atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura.  Dan, gara-gara bunga tabebuya yang mirip sakura, kini tradisi itu pindah ke Batam.

Pemandangan inilah yang akhir-akhir ini tampak di kawasan Industri Batamindo (KIB), Mukakuning. Kalau “hanami” di Jepang juga diartikan piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura, maka di Batam mereka menggelar aksi sambil selfie di bawah pohon tabebuya.

Dalam pantauan pada Minggu (14/4/2021), warga dari berbagai penjuru Batam memenuhi lapangan yang berlatarkan pohon asal Brazil tersebut.

Sejak pagi, pengunjung datang silih berganti. Ada berombongan atau bersama keluarga. Tak hanya pada pekerja dan ibu rumah tangga, pegowes pun ada.

Sore hari suasana tambah padat. Gerimis pun tak menyurutkan semangat pantang menyerah pengunjung untuk datang befoto ke lokasi itu.

Yati, warga Bengkong mengatakan sengaja datang untuk berswa-foto dengan tabebuya yang tengah viral di media sosial.

“Saya penasaran karena sudah banyak yang foto ke sini,” katanya.

Ia pun memanfaatkan akhir pekannya  untuk datang langsung bersama suami dan  anaknya. Usai foto, ia pun memamerkannya di laman media sosial miliknya. 

Tabebuya, atau pohon terompet emas, sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. 

Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bentuk buganya mirip bunga sakura. Namun kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat.

Pohon tabebuya memiliki kelebihan di antaranya saat musim berbunga, maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras. 

Selain itu, warnanya juga beragam yakni putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan ada juga yang merah. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *