Di Ajang Tourism Soldier Carnival, HMR Deklarasikan: 𝗣𝗮𝗿𝗶𝘄𝗶𝘀𝗮𝘁𝗮 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺 𝗦𝗶𝗮𝗽 𝗕𝗮𝗻𝗴𝗸𝗶𝘁!

Kabar Baik dari Batam

Di Ajang Tourism Soldier Carnival, HMR Deklarasikan: 𝗣𝗮𝗿𝗶𝘄𝗶𝘀𝗮𝘁𝗮 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺 𝗦𝗶𝗮𝗽 𝗕𝗮𝗻𝗴𝗸𝗶𝘁!

3 min read


WALI KOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR) menegaskan bahwa Batam siap bangkit lagi setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan saat menghadiri malam puncak Tourism Soldier Carnival, di panggung Musuem Batam Raja Ali Haji, Dataran Engku Putri, Batamcentre, Minggu (4/4/2021) malam. 

“Semua sudah kita siapkan. Pembangunan infrastruktur, penataan kota, dan sebagainya untuk menjadikan Kota Batam indah agar jadi tujuan bagi wisatawan,” ujarnya.

HMR tak memungkiri, pembangunan untuk mendukung investasi dan pariwisata di Batam sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. 

Namun, di awal 2021 ini, pembangunan Batam kembali dilanjutkan. Terbaru, destinasi wisata kesehatan di Sekupang, pembangunan taman, pelebaran jalan disertai jalur pesepeda, dan sebagainya.

“Semua kita bangun agar Batam memesona,” katanya.

Dengan penataan tersebut, ia optimistis Batam akan menjadi kota pilihan bagi wisatawan. Tak hanya infrastruktur jalan dan taman, destinasi wisata seperti Pulau Putri juga terus dipercantik. Beberapa destinasi baru yang dikelola masyarakat juga terus bermunculan.

“Batam paling siap untuk bangkit setelah terdampak Covid-19,” kata dia.

Namun, ia berpesan, kebangkitan pariwisata Batam ini harus diiringi selesainya penanganan Covid-19. 

Semua ini tak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Ia meminta semua pelaku pariwisata di Batam terus melawan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Rencana tanggal 21 Batam (khususnya Kecamatan Nongsa) akan dibuka bagi wisatawan mancanegara, saya titip betul agar disiapkan matang-matang, karena ini akan membawa nama negara. Kalau sampai ada yang positif, isunya akan menyebar,” kata wali kota.

𝗣𝘂𝗷𝗶 𝗠𝗶𝗹𝗶𝘁𝗮𝗻𝘀𝗶 𝗣𝗲𝗹𝗮𝗸𝘂 𝗣𝗮𝗿𝗶𝘄𝗶𝘀𝗮𝘁𝗮 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗕𝗮𝗻𝗴𝗸𝗶𝘁

Selain itu, ia juga mengajak pelaku pariwisata Batam terus mempromosikan Batam. HMR mengaku, dirinya yakin Batam akan lebih mudah bangkit karena dinilai sudah siap. 

Bahkan, dalam waktu dekat ini, Batam akan dijadikan sebagai pusat pertemuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Kalau dokter sudah berkenan kumpul di Batam, artinya Batam sudah bersih. Selain itu, kita semua berharap agar Singapura menyambut baik rencana Batam dibuka bagi wisatawan,” ujarnya.

Selain itu semua, HMR mengapresiasi langkah pelaku pariwisata yang terus berjibaku membangkitkan pariwisata melalui beberapa event di tengah pandemi Covid-19. 

Ia berharap kekompakan tersebut terus tertanam agar pariwisata Batam segera bangkit.

“Kita mampu melewati masa pandemi Covid-19, semoga melalui event ini (Tourism Soldier Carnival) kita mampu menjadi tentara dalam mewalawan Covid-19, khususnya di sektor pariwisata,” kata dia.

𝗣𝗲𝗻𝘁𝗮𝘀 𝗔𝗸𝘀𝗶 𝗞𝗼𝗺𝘂𝗻𝗶𝘁𝗮𝘀, 𝗵𝗶𝗻𝗴𝗴𝗮 𝗦𝘁𝗮𝗻𝗱 𝗞𝘂𝗹𝗶𝗻𝗲𝗿

Sebelumnya, Ketua Panitia Tourism Soldier Carnival, Evi Apriliani, mengatakan suksesnya event tersebut didukung sejumlah komunitas dan asosiasi pariwisata. 

Ia menekankan, melalui event tersebut, mampu membangkitkan pariwisaata lewat sejumlah komunitas.

Adapun kegiatan tersebut digelar oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kepulauan Riau. 

Ketua ASPPI Kepri, Donna menyebut event tersebut sebagai kegiatan pertama 2021 dan momentum bangkitkan pariwisata Batam dan Kepri.

“Kegiatan ini menjadi momentum kebangkitan pariwisata, dengan adaptasi pariwisata dan adaptasi berwisata,” katanya. 

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 08.00-22.00, Donna menyampaikan kegiatan dimulai yoga dari Batam Yoga Community bertema “Morning Yoga Lounge”, zumba dari The Backbone Fitness, dilanjutkan dengan lomba vlog dari Youtuber Plat BP Batam, dan lomba guiding dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Batam. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan fashion show bersama Batam TikTok Comunity bertema “Tour and Travel” kategori anak-anak dan dewasa. 

Kemudian Cosplay Runway dari Tomodachi Batam, Carnival Runway dari DPD Akari Kepri, lucky draw, sharing ASSPI, modern dance, perform Bollywood. 

Kegiatan terakhir adalah pengumuman pemenang lomba, penampilan Batik Kepri dari Batik 37 dari Debby Soemarwanto dan performance tari daerah. 

Selain menyuguhkan kegiatan yang menarik kepada pengunjung, karnaval terdapat bazar yang menawarkan ragam UMKM  kuliner dan fashion. 

“Ada 19 stand terdiri dari makanan dan minuman, fashion, kosmetik, stand pendukung,”  sebutnya. ***

______

Sumber: 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐧𝐭𝐞𝐫 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *