::: 𝗠𝘂𝘀𝗿𝗲𝗻𝗯𝗮𝗻𝗴 𝗞𝗼𝘁𝗮 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺, Usulan Lebih Rp5,9 T, Kemampuan APBD hanya Rp3 T

Kabar Baik dari Batam

::: 𝗠𝘂𝘀𝗿𝗲𝗻𝗯𝗮𝗻𝗴 𝗞𝗼𝘁𝗮 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺, Usulan Lebih Rp5,9 T, Kemampuan APBD hanya Rp3 T

1 min read

MUSYAWARAH Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Batam, resmi dimulai, Selasa (6/4/2021). Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah Kota Batam (Bapelitbang) Wan Darussalam, membeber fakta mengejutkan.

Dalam pidatonya di acara yang bertempat di Harmoni One, Wan mengatakan, sebelum Musrenbang tingkat Kota Batam, pihaknya sudah menggelar sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah, Pra Musrenbang Kelurahan, Forum Konsultasi Publik, Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, hingga saat ini tingkat Kota Batam.

“Dari tahapan-tahapan itu, terkumpul usulan masyarakat, Renja OPD (Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah), hingga Pokir (Pokok-Pokok Pikiran) Dewan yang nilainya mencapai Rp5.946.524.931.344,” ujar Wan.

Adapun usulan tersebut berasal dari Renja OPD mencapai Rp4.451.257.163.539, kemudian Pokir Dewan Rp247.170.537.597, dan  usulan masyarakat mencapai Rp1.248.097.230.208. 

Dengan tingginya usulan tersebut, belum semua usulan dapat ditampung mengingat kekuatan APBD Batam hanya Rp2,9 triliun hingga Rp3,1 triliun.

“Mengingat kemampuan APBD Batam hanya Rp2,94 triliun sampai Rp3,1 triliun, maka tidak semua dapat dipenuhi. Untuk itu, perwakilan masyarakat dimohon hadir dalam pembahasan dua hari ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Kota Batam. 

Musrenbang ini dibuka langsung Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina. Di kesempatan itu, ia menyampaikan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Provinsi Kepri. Ia berharap daerah kabupaten dan kota mampu berkolaborasi dalam pembangunan daerah ini. 

“Antusias masyarakat dalam mengawal aspirasinya sangat luar biasa. Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim, Musrenbang tingkat Kota Batam resmi dibuka,” ujarnya.

_________

Sumber: Media Center Batam

Klik juga Kata Batam Konvergensi Media: 

𝑊𝑒𝑏𝑠𝑖𝑡𝑒: ℎ𝑡𝑡𝑝𝑠://𝑘𝑎𝑡𝑎𝑏𝑎𝑡𝑎𝑚.𝑐𝑜𝑚/

𝐼𝑛𝑠𝑡𝑎𝑔𝑟𝑎𝑚: ℎ𝑡𝑡𝑝𝑠://𝑤𝑤𝑤.𝑖𝑛𝑠𝑡𝑎𝑔𝑟𝑎𝑚.𝑐𝑜𝑚/𝑘𝑎𝑡𝑎_𝑏𝑎𝑡𝑎𝑚/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *