I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read


MENURUT Sigmun Freud, manusia memiliki struktur psikologis yang terdiri dari tiga elemen, yaitu Id, Ego, dan Superego. Mana yang menonjol, itulah yang membentuk sifat atau karakter kita.

Seperti bongkahan es, ego dan sebagian superego merupakan elemen dari struktur psikologi yang kita sadari layaknya bongkahan es yang terlihat di permukaan hanya sebagian kecil dari seluruh elemen.

Sedangkan jauh di bawah permukaan laut, terdapat suatu bongkahan es yang tak telihat, seperti halnya id, insting alamiah manusia yang muncul tanpa kita sadari.

Maka itu, jangan gampang percaya atau menilai seseorang itu baik atau buruk, sebelum Anda menyelam jauh ke dasar “gunung es-nya”. 

“Karakter sejati seorang pria muncul ketika dia mabuk,” kata Charlie Chaplin, aktor, komedian dari Britania Raya (1889-1977). Mungkin “mabuk” yang dia maksud bukan dalan arti sebenarnya. ***

______

Foto: ilustrasi

Kata Batam Konvergensi Media, klik: 

π‘Šπ‘’π‘π‘ π‘–π‘‘π‘’: β„Žπ‘‘π‘‘π‘π‘ ://π‘˜π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘š.π‘π‘œπ‘š/

πΌπ‘›π‘ π‘‘π‘Žπ‘”π‘Ÿπ‘Žπ‘š: β„Žπ‘‘π‘‘π‘π‘ ://𝑀𝑀𝑀.π‘–π‘›π‘ π‘‘π‘Žπ‘”π‘Ÿπ‘Žπ‘š.π‘π‘œπ‘š/π‘˜π‘Žπ‘‘π‘Ž_π‘π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘š/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *