Begini Vaksin Covid-19 Berproses dalam Tubuh Kita

Kabar Baik dari Batam

Begini Vaksin Covid-19 Berproses dalam Tubuh Kita

1 min read

VAKSIN COVID-19 yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia bekerja dengan melatih sistem kekebalan tubuh untuk membasmi patogen. Baik patogen bakteri maupun virus. 

Agar prosesnya bekerja, molekul tertentu dari patogen harus dimasukkan ke tubuh untuk memicu respon imum. 

Molekul inilah yang disebut dengan antigen, merupakan bagian dari bakteri dan virus. Suntikan antigen ke dalam tubuh akan menyebabkan sistem kekebalan mengenalinya.

Selanjutnya sebagai perisai tubuh, sistem kekebalan tubuh akan melakukan serangan dengan menghasilkan antibodi. 

Jejaknya tetap dikenali, jika suatu saat bakteri atau virus timbul kembali. Dengan begitu, secara langsung sistem kekebalan akan menyerang patogen sebelum menyebar dan memicu timbulnya penyakit.

Vaksin bukanlah obat, tapi produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme. Zat yang dihasilkannya selanjutnya diolah secara ilmiah sehingga aman dipakai. 

Jika digunakan, vaksin akan membantu terbentuknya kekebalan spesifik secara aktif agar tidak mudah tertular penyakit.

𝘗𝘦𝘭𝘢𝘬𝘴𝘢𝘯𝘢𝘢𝘯 𝘷𝘢𝘬𝘴𝘪𝘯𝘢𝘴𝘪 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘮𝘶𝘵𝘶𝘴 𝘳𝘢𝘯𝘵𝘢𝘪 𝘵𝘦𝘳𝘫𝘢𝘯𝘨𝘬𝘪𝘵 𝘸𝘢𝘣𝘢𝘩 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘢𝘬𝘪𝘵. 𝘓𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘫𝘢𝘶𝘩, 𝘷𝘢𝘬𝘴𝘪𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘫𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢 𝘱𝘢𝘯𝘫𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘶𝘴𝘯𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘪𝘭𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘸𝘢𝘣𝘢𝘩 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘢𝘬𝘪𝘵 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘭𝘪𝘯𝘨𝘬𝘶𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘩𝘪𝘥𝘶𝘱 𝘮𝘢𝘯𝘶𝘴𝘪𝘢.

Proses kerja vaksin akan lebih maksimal jika dilakukan banyak orang. Semakin banyak yang ikut vaksinasi, resiko tertular pun semakin kecil. 

Bahkan bisa melindungi populasi seluruh manusia. Terlebih virus covid-19 yang melanda kini. Jika bakteri atau virus tidak punya inang lagi untuk berkembangbiak, maka virus dan bakteri akan mati menyeluruh.

Seseorang yang telah terpapar covid-19 belum dapat diberikan vaksin. Jika seseorang tak tahu dirinya positif Covid-19 dan proses vaksinasi diberikan dalam kondisi sehat, secara medis tak akan ada efek samping. Karena vaksin Covid-19 berasal dari virus yang telah dimatikan. ***

_______

Sumber: zamane.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *