Inovasi HMR Bangun & Bangkitkan Kembali Pariwisata Batam di Tengah Badai Pandemi

Kabar Baik dari Batam

Inovasi HMR Bangun & Bangkitkan Kembali Pariwisata Batam di Tengah Badai Pandemi

1 min read

PENGHUJUNG 2019 lalu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Batam mengalami peningkatan cukup signifikan: 1.758.648 orang. Namun, 2020 menurun saat Covid-19 melanda dunia.

Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), pun tetap menancapkan komitmennya membangun pariwisata Batam. 

“Sektor ini menggenapi industri yang sudah ada, seperti manufaktur dan galangan kapal,” tegasnya saat membuka secara resmi Wonderfood Ramadan, di Taman Dang Anom, Sabtu (10/4/2021) sore.

Membangun dan membangkitkan dunia pariwisata, yang sempat terpuruk oleh pandemi ini memang tak mudah. Diperlukan langkah super kreatif dan inovatif.

HMR pun tak kehabisan ide. Komitmen tersebut ditandai dengan gencarnya Pemko Batam membangun infrastruktur (aksesibilitas), menambah destinasi, hingga menggelar berbagai iven seperti Wonderfood Ramadan ini.

“Intinya kita harus sepakat, sejiwa dan setujuan bahwa Batam ini harus berubah. Sejak 2015 lalu saya kembangkan pariwisata. Alhamdulilah, sebelum Covid-19, Batam jadi penyumbang wisman terbesar kedua di Indonesia,” ucapnya.

Berbagai pembangunan pun kini dilakukan HMR, yang juga Kepala BP Batam, tersebut. Beberapa di antaranya, peningkatan Bandara Hang Nadim, dan Pelabuhan Batuampar.

Ditambah lagi, peningkatan infrastruktur, hingga menyiapkan kawasan ekonomi khusus (KEK), salah satunya KEK Kesehatan Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam.

Semua pembangunan tersebut untuk melengkapi konsep 3A Wisata yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.

“Untuk menyambut wisman, bandara kita rombak, lalu jalan-jalan kita tingkatkan, baik yang dilakukan Pemko Batam maupun BP Batam,” jelasnya.

Menurut HMR, tidak ada kata terlambat untuk terus berbenah. “Benar kita tertinggal jauh, tapi jangan minder. Kita harus kejar,” tekadnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *