I N S I G H T

Kabar Baik dari Batam

I N S I G H T

1 min read

IDE yang baik bagaikan ibu, ia akan terus beranak pinak, menumbuhkan hal-hal baru yang baik, hingga akhirnya menciptakan kebudayaan baru yang terus berkembang menjadi peradaban.

Lihatlah bagaimana sebuah ide, mengubah pola hidup masyarakat. Contoh: Air mineral yang kita kenal saat ini bermula dari sebuah ide kecil: bagaimana bisa minum air putih di tengah perjalanan.

Hingga sekarang berapa banyak sektor hulu ke hilir yang bisa digerakkan dan dihidupkan dari ide kecil ini. 

Belum lagi kalau kita bicara bagaimana sebuah ide menjadi ideologi, sehingga dampak perubahannya begitu massive.

Pertanyaannya, bagaimana kalau ide kita tak diterima atau gagal? Sebenarnya, kata Thomas Alva Edison tak ada ide yang tak berhasil. Yang ada malah, Anda telah menemukan hal baru agar terhindar dari kegagalan.

Untuk itu, jangan berhenti, teruslah gali dan ciptakan ide baru. Meski kita tahu itu tak mudah. Maka, hargai & dukung ide seseorang. Jangan malah dicuri atau dinikmati hasilnya, sementara hak penciptanya dilupakan.

“Ide lebih berkuasa dari senjata. Kita tidak akan membiarkan musuh memiliki senjata, haruskah kita membiarkan mereka mempunyai gagasan-gagasan brilian?” ujar Joseph Stalin, Pemimpin Soviet 1879-1953. ***

__________

Foto ilustrasi: Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad, menghibahkan buku-bukunya sebagai bentuk apresiasi dan dukungannya kepada pencetus (ide) perpustakaan jalanan di Batuaji, 2019 lalu. 

Klik juga Kata Batam Konvergensi Media: 

π‘Šπ‘’π‘π‘ π‘–π‘‘π‘’: β„Žπ‘‘π‘‘π‘π‘ ://π‘˜π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘š.π‘π‘œπ‘š/

πΌπ‘›π‘ π‘‘π‘Žπ‘”π‘Ÿπ‘Žπ‘š: β„Žπ‘‘π‘‘π‘π‘ ://𝑀𝑀𝑀.π‘–π‘›π‘ π‘‘π‘Žπ‘”π‘Ÿπ‘Žπ‘š.π‘π‘œπ‘š/π‘˜π‘Žπ‘‘π‘Ž_π‘π‘Žπ‘‘π‘Žπ‘š/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *